Breaking News:

Otomotif

60 Tahun Kiprah Yamaha di Balapan Grand Prix Dunia

Tahun ini sejarah mencatat 60 tahun Yamaha berkiprah di balapan Grand Prix dunia.

Editor: David_Kusuma
Yamaha
60 tahun Yamaha berkiprah di balapan Grand Prix dunia. 

Manado, TRIBUNMANADO.CO.ID - Tahun ini sejarah mencatat 60 tahun Yamaha berkiprah di balapan Grand Prix dunia.

Motorsport telah menjadi bagian penting budaya perusahaan Yamaha sejak berdiri pada 1 Juli 1955.

Bahkan pertama kali motor Yamaha bertarung di lintasan balapan, setelah 10 hari berdiri dengan motor YA-1 yang hadir di perhelatan ketiga Mount Fuji Ascent Race pada 10 Juli 1955.

Ini adalah perwujudan pentingnya motorsport sebagai kesempatan berharga untuk mendemonstrasikan keunggulan produk Yamaha di hadapan publik.

YA-1 yang saat itu baru saja diluncurkan, tampil mendominasi dan meraih kemenangan dalam debut balapan Yamaha itu.

Hal ini pun menjadi langkah awal utama sebagai pabrikan motor. Terinspirasi petuah presiden pertama Yamaha Motor, Genichi Kawakami, yakni “Jika kamu akan melakukannya, cobalah menjadi yang terbaik”, memacu Yamaha untuk menjangkau dunia dengan Spirit of Challenge (semangat menghadapi tantangan).

60 tahun Yamaha berkiprah di balapan Grand Prix dunia.
60 tahun Yamaha berkiprah di balapan Grand Prix dunia. (Yamaha)

Setelah menjalani debut balapan dunia di Catalina GP di Amerika Serikat tahun 1958, langkah selanjutnya berkompetisi perdana di Road Racing World Championship Grand Prix yaitu di Grand Prix Perancis, Mei 1961.

Dua tahun sesudahnya di 1963, Fumio Ito meraih kemenangan GP pertama untuk Yamaha di Grand Prix Belgia, menggunakan RD56 di kelas 250cc.

Lalu tahun berikutnya gelar juara untuk pembalap dan konstruktur diraih Yamaha untuk pertama kalinya lewat Phil Read di kelas 250cc. Antara tahun 1963 hingga 2020 Yamaha telah mengoleksi total 511 kemenangan.

”Yamaha Indonesia menyambut dengan bangga perjalanan 60 tahun Yamaha di balapan motor Grand Prix dunia. Motorsport sebagai DNA Yamaha, telah menginspirasi banyak kemenangan balapan yang dihasilkan dan hadirnya produk-produk sport unggulan, termasuk di Indonesia sendiri.

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved