Breaking News:

Penanganan Covid

Sitaro Ketambahan 1 Kasus Positif Covid-19, Kadis Kesehatan: Orangnya Telah Meninggal Dunia

Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro kembali mencatatkan penambahan satu kasus terkonfirmasi positif Corona Virus Disease 2019 atau Covid-19

Penulis: Octavian Hermanses | Editor: David_Kusuma
Octavian Hermanses/Tribun manado
Semuel Raule 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) kembali mencatatkan penambahan satu kasus terkonfirmasi positif Corona Virus Disease 2019 atau Covid-19.

Hal ini diketahui melalui Siaran Pers Kondisi Epidemologi Covid-19 di Sulawesi Utara tertanggal 24 Juni 2021 dengan indetitas pesien perempuan berumur 70 tahun.

"Ya benar, kita (Sitaro) ketambahan satu kasus terkonfirmasi positif, tapi orangnya telah meninggal dunia beberapa waktu lalu," ungkap Kepala Dinas Kesehatan Sitaro, Semuel Raule saat dihubungi wartawan, Senin (28/6/2021).

Menurut Raule, pasien yang meninggal dunia di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Lapangan Sawang ini juga memiliki penyakit penyerta kategori berat.

Di mana dari hasil penelusuran riwayat penyakit diketahui sebelum meninggal dunia, pasien sempat melakukan kontak erat dengan keluarga yang datang dari luar daerah.

"Kurang lebih tiga minggu sebelum meninggal dunia, pasien sempat kontak erat dengan orang yang baru datang dari luar daerah. Pemakaman juga dilakukan sesuai protokol kesehatan yang berlaku," lanjut Raule.

Baca juga: Pelayanan Disdukcapil Bolmong Kurang Maksimal, Yasti Mokoagow: Kita Segera Geser Pimpinannya  

Atas kejadian ini, Raule bilang pihaknya langsung mengambil langkah cepat dengan melakukan Rapid Antigen terhadap enam orang Kontak Erat Resiko Tinggi (KERT) dengan hasil, dua di antaranya dinyatakan positif.

"Saat ini, dua orang tersebut sedang menjalani isolasi mandiri dan dipastikan mendapat pengawasan ketat dari Posko Penanganan Covid-19 tingkat kampung," lanjutnya.

Tak hanya KERT dari pihak keluarga, pemeriksaan juga dilakukan terhadap tenaga kesehatan (nakes) yang menangani pasien saat menjalani perawatan medis di RSUD Lapangan Sawang.

"Untuk nakes, hasil rapid antigen negatif," sambungnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved