Breaking News:

Sejumlah Calon Siswa SMA di Sitaro Tak Terakomodasi dalam PPDB 2021

Kendala utama yang menyebabkan banyak pendaftar tidak terakomodir karena persoalan sistem dalam aplikasi.

Penulis: Octavian Hermanses | Editor: Charles Komaling
tribunmanado.co.id/Octavian Hermanses
SMA Negeri 1 Siau Timur menjadi salah satu sekolah di Sitaro yang paling diminati. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO  - Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMA tahun ajaran 2021 telah berlangsung sejak beberapa pekan lalu. Hasil dari PPDB tersebut akan diumumkan hari ini, Jumat (25/6/2021).

Meski demikian, ada sejumlah calon siswa SMA di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) tidak terakomodir dalam proses pendaftaran berbasis online itu. Saat dikonfirmasi, pihak Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Utara di Sitaro membenarkan informasi tersebut.

Menurut Kepala Seksi Pembinaan SMA dan PKLK Frenst Kakalang, kendala utama yang menyebabkan banyak pendaftar tidak terakomodir karena persoalan sistem dalam aplikasi.

"Masih banyak siswa yang belum terdaftar karena aplikasinya masih bermasalah," ungkap Kakalang, Jumat (25/6/2021).

Sebagai solusi, Kakalang menyebut pihak Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Utara di Sitaro mengarahkan agar para pelajar yang belum terakomodir dalam pendaftaran online tetap mendaftarkan diri secara manual.

"Saya sampaikan, daftar manual saja dulu, nanti ke depan kita selesaikan permasalahan tersebut," ujarnya. "Saya sudah sampaikan (ke sekolah-sekolah), cepat kirim ke kantor (Cabang Dinas Pindidikan). Tapi sampai sekarang belum ada," timpalnya.

Seperti halnya salah satu calon siswa asal Kecamatan Siau Barat Utara (Sibarut) yang akan mendaftar di SMA Negeri 1 Siau Barat (Sibar) lewat jalur zonasi. Ketika yang bersangkutan masuk dalam sistem online, sekolah terdekat yang terbaca dalam sistem adalah SMA Negeri 1 Siau Timur (Sitim).

"Sehingga kami menyarankan untuk mendaftar lewat jalur prestasi supaya bisa ditarik ke SMA Negeri 1 Sibar," beber Kakalang.

Dia pun membenarkan jika hari ini direncanakan akan ada pengumuman hasil PPDB 2021 tingkat SMA sederajat secara serentak di Sulawesi Utara, termasuk Kabupaten Kepulauan Sitaro.

"Sampai tadi malam dilaksanakan proses verifikasinya. Jadi hari ini akan diumumkan," ujar Kakalang.

Senada juga disampaikan Sekretaris Panitia PPDB SMA Negeri 1 Sitim Gerry Paparang. Disebutkan, kendala yang dihadapi dalam proses pendaftaran terletak pada sistem.

"Makanya ada sekitar delapan orang calon siswa yang mendaftar di sekolah kami namun tidak masuk dalam sistem. Tapi kami tetap arahkan untuk mendaftar secara online," ungkap Paparang.

Untuk diketahui, tahapan PPDB ini diatur lewat Petunjuk Teknis (Juknis) Nomor 800/Dikda-01/2282/2021 yang diturunkan Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Utara. Dalam juknis tersebut diatur tentang jalur pendaftaran yang terdiri dari Jalur Zonasi 50 persen, Jalur Afirmasi 15 persen, Jalur Prestasi 30 persen serta Jalur Perpindahan Orang Tua 5 persen. (*)

Tags
Sitaro
PPDB
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved