Breaking News:

Pemkab Sitaro Kebut Program Vaksinasi, Sehari 1.000 Vaksin

Sesuai dengan rencana Kepala Dinas Kesehatan Sitaro, untuk mencapai jumlah sasaran 61.174 selama dua sampai tiga bulan ke depan

Penulis: Octavian Hermanses | Editor: Charles Komaling
Octavian Hermanses
Bupati Evangelian Sasingen memantau langsung jalannya program vaksinasi massal di Sitaro 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Upaya penanggulangan penyebaran Corona Virus Disease 2019 atau Covid-19 terus dilakukan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro). Salah satunya dengan menggencarkan program vaksinasi bagi penduduk berusia di atas 18 tahun. Hal ini pun terus dikebut pemerintah daerah.

Di mana dalam sehari, Pemkab Sitaro lewat Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 daerah menargetkan 1.000 sasaran per harinya untuk disuntikan vaksin.

"Sesuai dengan rencana Kepala Dinas Kesehatan Sitaro, untuk mencapai jumlah sasaran 61.174 selama dua sampai tiga bulan kedepan, maka dalam satu hari ditargetkan sebanyak 1.000 sasaran," ungkap Sekretaris Satgas Penanganan Covid-19 Sitaro, Bob Wauten, Kamis (24/6/2021).

Jumlah sasaran vaksinasi, lanjut Wuaten, sama dengan 70 persen penduduk Kabupaten Kepulauan Sitaro. Dengan demikian, apabila dalam sehari bisa dicapai target 1.000 sasaran per harinya, maka pelaksanaan vaksinasi bisa menyasar 60.000 sampai 61.000 orang dalam waktu 60 hari atau dua bulan kedepan.

"Paling tidak ini (vaksinasi) bisa rampung sesuai target untuk dosis pertama," lanjutnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sitaro Semuel Raule mengyatakan, program vaksinasi per Sabtu, 19 Juni 2021 telah mencapai 9.219 orang atau sasaran. Jumlah tersebut terdiri dari 721 tenaga kesehatan dan tenaga penunjang pada fasilitas kesehatan, 4.388 pekerja pelayanan publik, 1.012 kalangan lanjut usia (lansia) serta 3.098 masyarakat umum.

Ia menyebut, total jumlah penduduk Kabupaten Sitaro di atas usai 18 tahun yang menjadi sasaran vaksinasi sebanyak 61.174 orang. Angka tersebut terdiri dari tenaga kesehatan dan tenaga pendukung di fasilitas kesehatan sebanyak 725 orang, pelayan publik 4.052 orang, lansia 11.393 orang serta 45.004 orang masyarakat umum.

"Kita menargetkan pelaksanaan vaksinasi bisa rampung untuk dosis pertama dalam waktu dua sampai tiga bulan kedepan," kata Raule beberapa waktu lalu.

Untuk memaksimalkan target tersebut, pemerintah daerah telah menyiapkan tim vaksinator yang tersebar di 13 Puskesmas di Sitaro serta dua unit Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD). "Jadi setiap hari, di tiap-tiap fasilitas kesehatan, baik rumah sakit maupun puskesmas akan ada pelayanan vaksinasi bagi masyarakat," lanjutnya.

Selain ketersediaan sumber daya manusia, Raule bilang ketersediaan vaksin menjadi perhatian khusus Dinkes Sitaro. Karenanya, permintaan demi permintaan ke Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara terus disampaikan untuk memenuhi stok kebutuhan vaksin.

"Yang ada sekarang sebanyak 6.500 dosis jenis biofarma dan astrazeneca. Kemarin juga baru tiba dari Manado 5.000 dosis jenis astrazeneca," ujarnya. (*)

Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved