Breaking News:

Bupati Minsel: Ada Konsekuensi yang harus Diterima Jika Tolak Vaksin

Franky dan Petra memerintahkan agar ASN yang tidak divaksin, tidak akan dibayar Tunjangan Tambahan Penghasilan

Penulis: Rul Mantik | Editor: Charles Komaling
Tribun Manado
Franky Wongkar_1 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Sikap tegas diambil Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) terhadap warganya yang tidak mau divaksin.

Aturan yang akan diterapkan bagi warga Minsel yang tidak mau divaksin, sudah disiapkan.

Sebagai langkah awal, Bupati Minsel mengeluarkan edaran wajib vaksin untuk semua Aparatur Sipil Negara (ASN), Tenaga Harian Lepas (THL) dan para Hukum Tua serta aparatur desa.

Menurut Bupati Minsel, Franky Donny Wongkar dan Wakil Bupati Minsel, Petra Yani Rembang, langkah ini diambil untuk menyukseskan program memutus mata rantai Covid-19.

"Semua ASN, THL dan perangkat desa harus divaksin. Jika tidak mau, ada konsekuensi yang harus diterima," tegas Franky Wongkar dan Petra Rembang, saat memantau vaksinasi massal di Aula Waleta, kawasan Kantor Bupati Minsel, Kamis (24/6/2021).

Franky dan Petra memerintahkan agar ASN yang tidak divaksin, tidak akan dibayar Tunjangan Tambahan Penghasilan (TTP).

"Pokoknya kalau ada ASN yang tidak mau divaksin, jangan bayar TTP mereka. Itu konsekuensinya," tandas Franky.

Dikatakan juga oleh Petra Rembang, aturan tersebut berlaku bagi THL dan aparatur pemerintah desa, mulai dari hukum tua, sekretaris desa, kepala lingkungan meweteng dan unsur pemerintah desa lainnya.

"Kalau ada THL yang tidak mau divaksin, oknum THL itu akan langsung dirumahkan. Tidak bisa ditawar-tawar," tegas Petra.

Bagi para hukum tua, Petra menegaskan bahwa kumtua yang tidal divaksin tidak diperbolehkan hasir dalam legiatan Pemkab Minsel.

"Kumtua dan aparat desa yang tidak mau divaksin, jangan pernah datang dalam acara pemerintahan," imbuhnya.

Tidak hanya menahan TTP dan dirumahkan, namun ASN dan THL yang tidak mau mendengarkan instruksi itu tidal diizinkan keluar daerah.

"Jadi, semua kepala SKPD harus perhatikan. ASN dan THL yang tidak divaksin tidak bisa melaksanakam perjalanan keluar daerah," tegasnya.

Dari pantaua Tribun Manado di Aula Waleta, ratusan ASN dan THL, antre untuk mendapat suntikan vaksin Covid-18. Ada pejabat eselon II, III dan IV, staf dan para THL.

Sementara, Bupati Minsel, Frangky Wongkar, Wakil Bupati Petra Rembang, Kajari Minsel I Wayan Eka Miartha dan Kapolres Minsel, Norman Sitondaon, terlihat berjalan mengitari lokasi pelaksanaan vaksin. (*)

Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved