Breaking News:

Berita Bolmut

Bolmut Urutan Dua Pengembangan Aplikasi Sipenter, Asripan Nani: Ini Bagian Dari Upaya Pencegahan KKN

Kabupaten Bolaang Mongodow Utara (Bolmut) berada pada urutan kedua setelah Provinsi Sulut, dalam pengembangan Sistem Merit.

Penulis: Majer Lumantow | Editor: Rizali Posumah
tribunmanado.co.id/Mejer Lumantow
Sekda Bolmut, Asripan Nani. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Kabupaten Bolaang Mongodow Utara (Bolmut) berada pada urutan kedua setelah Provinsi Sulut, dalam pengembangan Sistem Merit melalui aplikasi Sistem Informasi Penilaian Mandiri Sistem Merit (SIPINTER). 

Hal ini disampaikan Sekretaris Daerah Kabupaten Bolmut Asripan Nani saat mengikuti rapat koordinasi penilaian dan pembinaan penerapan sistem Merit dalam Manajemen ASN, Rabu (23/6/2021).

"Kabupaten Bolmut sendiri ada diurutan ke dua setelah Provinsi Sulut dalam pengembangan sistem merit melalui aplikasi SIPENTER ini," kata Sekda Bolmut kepada Tribunmanado.co.id.

Dijelaskan Sekda, bahwa penilaian ini bersifat obyektif dan terstandar berdasarkan metode self-assessment atau penilaian mandiri sesuai dengan Peraturan KASN No 9 Tahun 2019 tentang Tata Cara Penilaian Mandiri Sistem Merit di Lingkungan Instansi Pemerintah.

Dikatakan Sekda, dari sistem aplikasi tersebut akan menghasilkan informasi mengenai tingkat penerapan sistem Merit pada masing-masing instansi pemerintah dan rekomendasi mengenai aspek-aspek apa saja yang perlu disempurnakan agar manajemen ASN di instansi pemerintah benar-benar memenuhi prinsip Merit.

"Hal ini juga sesuai Perpres 18 tahun 2020 sistem merit menjadi sasaran prioritas RPJMN 2020-2024," katanya.

Terkait hal tersebut, Sekda menyebut Bolmut memiliki nilai 243,5 tetapi  masih terus melakukan input proses perbaikan data yang kemudian akan diverifikasi faktual oleh KASN.

Dirinya menambahkan, selain bagian dari evaluasi manajemen ASN dalam pemerintahan dengan aplikasi Sipenter ini menjadi instrumen untuk menilai tingkat penerapan sistem Merit di instansi pemerintah. 

"Disamping itu, karena pengembangan dan pelaksanaan sistem Merit ini juga adalah bagian dari upaya untuk pencegahan KKN," tutup Sekda Bolmut. (Mjr)

Tentang Bolmut

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved