Breaking News:

PT Sakura Ria

PT Sakura Ria Bangun Pabrik Santan Beku di Tumpaan Minsel, Dinas PMPTSP: Investasi Meningkat

PT Sakura Ria membangun pabrik santan beku di Desa Tumpaan, Kecamatan Tumpaan. Sebelumnya, pabrik itu mengolah ikan kayu.

Penulis: Rul Mantik | Editor: Rizali Posumah
Bidang Penanaman Modal Dinas PMPTSP.
Tim dari Dinas PMPTSP Minsel saat melakukan pengawasan di pabrik cokelat di Tatapaan, Minsel. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Pabrik pengolahan buah kelapa kembali bertambah di Kabupaten Minahasa Selatan, Provinsi Sulawesi Utara.

Terkini, PT Sakura Ria membangun pabrik santan beku di Desa Tumpaan, Kecamatan Tumpaan. Sebelumnya, pabrik itu mengolah ikan kayu.

Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP), Ronald Paat, ketika dikonfirmasi mengatakan, izin investasi miliaran rupiah itu sementara diproses.

"Iya, benar. Ada investasi berupa pembangunan pabrik santan beku di Tumpaan. Izin pabrik ini sementara berproses," aku Ronald, Rabu (23/6/2021).

Tim dari Dinas PMPTSP Minsel saat melakukan pengawasan di pabrik cokelat di Tatapaan, Minsel.
Tim dari Dinas PMPTSP Minsel saat melakukan pengawasan di pabrik cokelat di Tatapaan, Minsel. (Bidang Penanaman Modal Dinas PMPTSP.)

Menurut Ronald, bertambahnya pabrik yang memakai bahan dasar kelapa, akan berpengaruh pada harga kelapa di tingkat petani.

"Harga kelapa pasti akan bersaing, sebab semua perusahaan akan berusaha mencapai target produksi. Tentunya harga kelapa akan menjadi lebih baik lagi," katanya.

Tidak hanya harga kelapa yang naik, jelas Ronald, namun bertambahnya pabrik di Kabupaten Minsel akan mendongkrak pengurangan pengangguran.

"Ada pabrik berarti ada karyawan. Mempekerjakan karyawan akan berpengaruh pada kemampuan ekonomi keluarga. Pengangguran berkurang, ekonomi meningkat," papar Ronald.

Dia berharap investasi di Kabupaten Minahasa Selatan akan lebih bergairah lagi.

"Pemerintah telah berupaya mengefisiensi birokrasi perizinan, dengan tujuan supaya investor tidak dipersulit. Harapannya, investasi akan terus meningkat di Kabupaten Minahasa Selatan," imbuhnya.

Halaman
123
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved