Breaking News:

Berita Mitra

Wakil Rakyat Kabupaten Mitra Sorot Keberadaan Tenaga Kerja Asing

Keberadaan Tenaga Kerja Asing (TKA) di Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), Sulawesi Utara, tuai perhatian serius Wakil Rakyat

Penulis: Kharisma Kurama | Editor: David_Kusuma
Kharisma Kurama
Rapat Dengar Pendapat Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Mitra bersama Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinaskertrans) Mitra. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Keberadaan Tenaga Kerja Asing (TKA) di Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), Sulawesi Utara, tuai perhatian serius Wakil Rakyat.

Hal itu mencuat dalam Rapat Dengar Pendapat Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Mitra bersama Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinaskertrans) Mitra.

Dalam rapat yang digelar di ruang sidang DPRD Mitra itu, para wakil rakyat mencecar pertanyaan seputar keberadaan TKA di sejumlah perusahaan.

Anggota Komisi III DPRD Mitra, Decker Mamusung mengatakan, seharusnya pihak Dinaskertrans bisa lebih tegas dengan persoalan ini.

Baca juga: Kronologi Kasus Penembakan Mobil di Dekat Rudis Wali Kota Manado

Menurutnya, sebaiknya perusahaan di Kabupaten Mitra bisa lebih memprioritaskan tenaga kerja lokal.

"Seharusnya tenaga kerja lokal jadi prioritas. Selain bisa menyerap tenaga kerja, juga skil dari anak daerah yang tidak diragukan lagi," ucapnya.

Menanggapi hal itu, Kepala Disnakertrans Feri Uway Lewat Kasie Hubungan Industrial Olianti Mataputun mengungkapkan, pihaknya tak bisa berbuat banyak jika terjadi permasalahan antara pihak perusahaan dengan pekerja.

Itu karena dalam penyelesaian masalah, pihak Dinaskertrans memiliki mekanisme dan aturan yang berlaku.

"Kami dinas tentunya tidak bisa berbuat lebih jika tidak ada aduan yang masuk. Dan sepanjang tahun ini belum pernah ada yang masuk laporannya," jelasnya.

Diakui, pihak Dinaskertrans juga memiliki data pekerja dan dugaan pelanggaran administrasi TKA di PT SEJ.

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved