Breaking News:

Lantamal VIII

Lantamal VIII Gelar Pembukaan Pelatihan Hukum Laut Internasional

Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) VIII menggelar pelatihan hukum laut internasional

Penulis: Shity Nurjanah | Editor: David_Kusuma
Lantamal VIII
Lantamal VIII Gelar Pembukaan Pelatihan Hukum Laut Internasional 

Manado, TRIBUNMANADO.CO.ID - Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) VIII menggelar pelatihan hukum laut internasional, di Gedung Yos Sudarso, Markas Komando Lantamal VIII, Jalan Yos Sudarso, Nompr 1, Kairagi Weru, Paal Dua, Manado, Sulawesi Utara, Senin (21/6/2021).

Pelatihan yang diselenggarakan selama lima hari tersebut dibuka Wakil Komandan (Wadan) Lantamal VIII Kolonel Laut (P) Apriyani SH MM MSi (Han) CHMRP MTr Opsla, dalam suatu acara pembukaan mewakil Komandan Lantamal (Danlantamal) VIII Brigadir Jenderal TNI (Mar) I Wayan Ariwijaya SE CFrA.

Danlantamal VIII dalam sambutan tertulis yang dibacakan Wadan Lantamal VIII antara lain mengatakan, dalam melaksanakan tugas penegakkan hukum dilaut, TNI AL senantiasa bertindak dan berpedoman pada hukum nasional dan hukum internasional. 

Baca juga: Tabrakan di Jalan Ringroad, Kasat Lantas Polresta Manado: Penyidikan Diserahkan ke Polisi Militer

"Hukum laut internasional diadakan untuk mengatur dan mengurangi konflik antara para pengguna laut baik itu negara pantai, negara pengguna maupun pengguna," ucapnya.

Lanjut Danlantamal VIII menyampaikan, sebagai aparat penegak hukum di laut maka Perwira TNI AL dalam melaksanakan tugasnya dituntut selain mengerti dan memahami hukum nasional, dituntut juga untuk memahami ketentuan hukum internasional khususnya yang terkait dengan hukum laut.

Bersamaan dengan timbulnya permasalahan atau konflik terkait dengan aspek laut internasional yang melibatkan TNI AL serta untuk menjawab tantangan tugas ke depan maka diperlukan kemampuan personel yang mampu dan andal membantu menyelesaikan setiap permasalahan hukum di laut.

Terkait dengan hal ini pemipin TNI AL memiliki tanggung jawab untuk menyiapkan perwira yang profesional dan memiliki kemampuan serta wawasan yang luas dalam bidang hukum laut internasional.

"Untuk mencapai tujuan tersebut TNI AL menjalin kerja sama dengan Fakultas Hukum Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) melalui Pusat Studi Hukum Laut Internasional untuk mengadakan kegiatan ini," ujar Danlantamal VIII.

Pada bagian akhir sambutannya Danlantamal VIII mengajak seluruh peserta pelatihan untuk memanfaatkan waktu yang singkat ini dengan sebaik-baiknya, materi yang disampaikan oleh dosen dan narasumber agar diperhatikan, dicerna dan dipahami serta diaplikasikan dipenugasan sehari-hari. 

Danlantamal VIII juga berharap kepada seluruh peserta agat ikut berdiskusi interaktif secara tuntas utamanya mengenai kasus-kasus yang menonjol.

Pelatihan hukum yang terlaksana berkat kerjasama antara Lantamal VIII, Dikumal dan Universitas Sam Ratulangi Manado diikuti perserta dari Mako Lantamal VIII, Satuan Kapal Patroli Lantamal VIII, Perwakilan Lanal-Lanal  serta Posal Jajaran Lantamal VIII

Turut hadir pada pembukaan pelatihan tersebut di antaranya Dekan Fakultas Hukum Unsrat Dr Flora Pricilia Kalalo SH MH, Sekdiskumal Kolonel Laut (KH) Ismu Edy A SH MH, Para Asisten Danlantamal VIII, Kakuwil dan Komandan Satrol Lantamal VIII. (Rilis)

Baca juga: Olly Dondokambey dan Joune Ganda Pantau Vaksinasi Covid-19 di Wilayah Kepulauan

Baca juga: Giliran Lansia dan Aparat Desa di Bolsel Terima Vaksin Covid-19

YOUTUBE TRIBUN MANADO:

Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved