Breaking News:

Berita Bolmut

Kecamatan Pinogaluman Jadi Lokasi Prioritas Pembangunan Infrastruktur di Bolmut

Sekretaris Daerah (Sekda) Bolmut Asripan Nani mengatakan Kabupaten Bolmut merupakan wilayah perbatasan.

Penulis: Majer Lumantow | Editor: Rizali Posumah
tribunmanado.co.id/Mejer Lumantow
Kecamatan Pinogaluman Jadi Lokasi Prioritas Pembangunan Infrastruktur di Bolmut. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) terus melaksanakan pembangunan diberbagai aspek. 

Termasuk pembangunan infrastruktur secara merata di setiap Kecamatan. Diantarannya adalah Kecamatan Pinogaluman yang sebagai prioritas pembangunan di wilayah perbatasan.

Hal ini disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Bolmut Asripan Nani mengatakan Kabupaten Bolmut merupakan wilayah perbatasan, dalam konteks pembangunan ekonomi daerah, Bolmut merupakan garda terdepan dalan menjaga stabilitas pertumbuhan ekonomi antara Sulawesi Utara dan Gorontalo serta cermin bukti harga diri pembangunan di provinsi Sulawesi Utara.

"Karena itu, pemerintah daerah menjadikan kecamatan pinogaluman sebagai salah satu wilayah prioritas pembagunan daerah," jelas Nani kepada Tribunmanado.co.id, Senin (21/6/2021).

Hal ini kata Sekda, sebagaimana tindaklanjut Workshop Koordinasi Integrasi dan Sinkronisasi Kebijakan Otonomi Daerah di Kabupaten Bolmut.

Untuk itu, perlu adanya dukungan dari pemerintah Provinsi dalam pembangunan infrastruktur di Kecamatan Pinogaluman

Menurutnya, bahwa sebagai kawasan lokpri kecamatan pinogaluman tentunya dihadapkan dengan berbagai keterbatasan infrastruktur sebagai penunjang pembagunan dalam berbagai aspek diantaranya belum ada akses jembatan yang menghubungkan desa Busato kecamatan pinogaluman dengan desa Buaata kecamatan atinggola kabupaten gorontalo utara.

"Selain itu, terjadi abrasi pantai sepanjang 50 meter ke arah permukiman penduduk di desa buko utara dengan penigkatan rata rata 5 meter per tahun, memberikan potensi ancaman terhadap 127 unit rumah penduduk, sehingga diperlukan pembagunan pengaman pantai," jelas Sekda Bolmut.

Disamping itu, belum ada bangunan pengaman tebing sungai diwilayah DAS andagile, agar pemukiman dan lahan perkebunan masyarakat terlindungi dari abrasi.

"Ada juga trdapat 1,166 hektar bangunan dan jaringan irigasi merupakan kewenagan provinsi sulawesi utara yang tidak terpelihara dengab baik, terdapat 320 hektar sawah yang tidak terlayani air irigiasi," papar Sekda.

Halaman
123
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved