Breaking News:

Berita Sulut

Dorong Pendapatan Daerah, Pemprov Sulut Komitmen Gunakan BBM Ramah Lingkungan

Pajak adalah salah satu instrumen yang dapat dioptimalkan oleh pemerintah untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Editor: Rizali Posumah
Dokumentasi Pertamina
Penandatanganan Kesepakatan Bersama dan Perjanjian Kerja Sama Rekonsiliasi Data PBBKB yang dilangsungkan pada Rabu (16/6) di Kantor Gubernur Sulawesi Utara. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado Di tengah situasi pandemi saat ini, sebagian besar belanja negara di semua bidang dilakukan efisiensi untuk dialihkan pada penanganan wabah COVID-19 hingga proses pemulihan ekonomi setempat.

Hal ini tentunya menuntut peran besar pemerintah untuk melakukan berbagai upaya dalam meningkatkan pendapatan daerah dan melakukan penyesuaian dan efisiensi dalam melaksanakan kegiatan operasionalnya. 

Salah satu instrumen yang dapat dioptimalkan oleh pemerintah untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) diantaranya bersumber dari pajak.

Dimana PAD yang bersumber dari pajak ada 5 jenis diataranya yakni Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor (PBBKB), Pajak Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB), Pajak Air Permukaan dan Pajak Rokok.

Selama ini PBBKB di Sulawesi Utara menjadi pemasukan terbesar setelah PKB dan BBNKB.

Penandatanganan Kesepakatan Bersama dan Perjanjian Kerja Sama Rekonsiliasi Data PBBKB yang dilangsungkan pada Rabu (16/6) di Kantor Gubernur Sulawesi Utara.
Penandatanganan Kesepakatan Bersama dan Perjanjian Kerja Sama Rekonsiliasi Data PBBKB yang dilangsungkan pada Rabu (16/6) di Kantor Gubernur Sulawesi Utara. (Dokumentasi Pertamina)

Dalam rangka mendorong pendapatan daerah khususnya melalui PBBKB, Pemprov Sulawesi Utara bersama PT Pertamina (Persero) melalui sinergi strategis dengan Pertamina Regional Sulawesi melakukan penandatanganan Kesepakatan Bersama dan Perjanjian Kerja Sama Rekonsiliasi Data PBBKB yang dilangsungkan pada Rabu (16/6) di Kantor Gubernur Sulawesi Utara.

Hadir dalam kegiatan penandatanganan tersebut Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Utara, Edwin H. Silangen, Kepala Satgas Korsup Wilayah IV KPK, Wahyudi dan Region Manager Corporate Sales Pertamina Regional Sulawesi, Samuel H. Lubis, serta dihadiri juga oleh para Sekda Kabupaten/Kota se-Sulawesi Utara dan Para Kepala Perangkat Daerah se-Provinsi Sulawesi Utara.

Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Utara, Edwin H. Silangen dalam sambutannya mengatakan Pemprov Sulut akan terus mendorong peningkatan PAD melalui PBBKB.

"Kami berharap pihak yang melaksanakan kerjasama akan memahami peran dan kontribusinya, sehingga kedepan Provinsi Sulawesi Utara dapat lebih optimal lagi dalam mendorong Pendapatan Daerah atas PBBKB dan dapat mengoptimalkan penerimaan, serta meningkatkan transparansi dan akuntabilitas pengelolaan PBBKB," tuturnya.

Senada dengan Edwin, secara terpisah Unit Manager Communication, Relations & CSR Pertamina Regional Sulawesi, Laode Syarifuddin Mursali menyambut baik kerjasama strategis untuk meningkatkan PAD Pemda manapun.

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved