Breaking News:

Pemkab Sitaro Targetkan Vaksinasi Rampung September

Setelah menyasar tenaga kesehatan, Aparatur Sipil Negara (ASN), pekerja publik, guru dan tenaga kependidikan, pedagang serta lansia

tribunmanado.co.id/Octavian Hermanses
Vaksinasi massal yang berlangsung di seluruh faskes di Sitaro. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) terus menggenjot program vaksinasi dalam rangka penanggulangan Corona Virus Disease 2019 atau Covid-19.

Setelah menyasar tenaga kesehatan, Aparatur Sipil Negara (ASN), pekerja publik, guru dan tenaga kependidikan, pedagang serta lansia, kini pemerintah daerah mulai melakukan penyuntikan vaksin bagi masyarakat umum.

Berdasarkan data yang ada pada Dinas Kesehatan (Dinkes) Sitaro, total jumlah sasaran vaksinasi di Kabupaten Kepulauan Sitaro sebanyak 61.174 orang. Kepala Dinkes Sitaro Semuel Raule menyatakan, pelaksanaan vaksinasi bagi masyarakat umum digelar secara masif di seluruh fasilitas kesehatan (faskes) yang tersebar di Sitaro.

"Kegiatannya dibagi di dua rumah sakit daerah dan 13 puskesmas di seluruh Sitaro. Makanya vaksin yang kita terima langsung didistribusikan ke seluruh faskes," kata Raule, Minggu (20/6/2021).

Ia menyebut, pihaknya menargetkan penyelesaian vaksinasi bagi 61.174 orang sasaran di Kabupaten Sitaro bisa dilaksanakan dalam waktu tiga bulan ke depan.

"Paling tidak vaksinasi dosisi pertama bisa kita selesaikan hingga bulan September nanti. Apalagi dalam pelaksanaanya, kita didukung penuh oleh unsur TNI dan Polri," ungkap Raule.

Untuk mengoptimalkan target tersebut, pihaknya telah menyediakan 6.500 dosis vaksin yang terdiri dari 3.500 jenis Sinovac dan 3.000 jenis Astrazeneca serta tim vaksinator yang tersebar di seluruh faskes di Sitaro.

"Ini juga baru tiba dari Manado vaksin jenis Astrazeneca sebanyak 5.000 dosis. Jadi kita akan terus menyiapkan segala sesuatunya untuk menyelesaikan target program vaksinasi ini," lanjutnya.

Warga pun diminta untuk mensukseskan program pemerintah tersebut dengan turut serta mengikuti vaksinasi di seluruh faskes yang ada. Selain tidak dipungut biaya, vaksin yang tersedia dipastikan aman dan halal untuk digunakan.

"Sebelum disuntik, petugas kita akan melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap calon penerima vaksin. Jika memenuhi syarat, maka akan disuntik. Dan kita pun telah menyiapkan segala susuatu apabila terdapat kejadian ikutan. Jadi tidak usah kuatir," kunci Raule.

Sebelumnya, Bupati Kepulauan Sitaro Evangelian Sasingen turun langsung memantau jalannya vaksinasi massal di beberapa Kampung di Sitaro. Kesempatan itu, ia menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas keikutsertaan warga dalam menajalani vaksinasi.

"Upaya ini (vaksin) merupakan salah satu cara dari berbagai langkah yang dilakukan pemerintah dalam menanggulangi penyebaran virus corona. Karena itu, ketika bapak ibu saudaraku sekalian mau untuk divaksin, saya menyampaikan rasa terima kasih yang mendalam," kata Bupati.

Sejalan dengan berlangsungnya program vaksinasi, bupati juga mengimbau kepada masyarakat untuk tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan, khususnya memakai masker dan menghindari kerumunan atau jaga jarak.

"Dua cara ini, ikut vaksinasi dan disiplin menjalankan protokol kesehatan menjadi kunci utama untuk menghindar dari ancaman virus corona," lanjutnya. (*)

Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved