Breaking News:

Berita Bitung

Pelamar Tenaga Harian Lepas di Bitung Membludak, Total 15.585 Melamar, Dicari Hanya 1.233 Orang

Tenaga Harian Lepas (THL), merupakan satu di antara pekerjaan yang begitu digandrungi para pencari kerja yang ada di Kota Bitung Provinsi Sulut

Penulis: Christian_Wayongkere | Editor: David_Kusuma
Tribun manado / Christian Wayongkere
pelaksanaan tes wawancara rekrutmen tenaga harian lepas (THL) di lingkungan Pemerintah Kota Bitung beberapa waktu lalu. 

Manado, TRIBUNMANADO.CO.ID - Tenaga Harian Lepas (THL), merupakan satu di antara pekerjaan yang begitu digandrungi para pencari kerja yang ada di Kota Bitung Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

Ini dibuktikan dengan membeludaknya pelamar calon THL di lingkungan pemerintah kota Bitung, yang mengikuti rekrutmen.

Rekrutmen dilakukan pemkot Bitung melalui Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) kota Bitung dan Panitia pengadaan THL tahun 2021.

Dari data yang di himpun, total THL yang melamar secara online 15.582 pelamar sementara yang akan di terima hanya 1.233 orang.

Saat ini proses rekrutmen THL di lingkungan Pemkot Bitung, sudah menyelesaikan tahapan tes wawancara pada pertengahan bulan Mei hingga awal Juni 2021.

Baca juga: Sekda Bolmong Tahlis Galang Prediksi Belgia Angkat Trofi Euro 2020

Entah apa yang membuat para pencari kerja kepincut dengan profesi sebagai THL. Padahal jika melihat, tugas dan tanggung jawab THL ibarat kata seperti Babu, kerap disuruh oleh pimpinannya untuk melakukan tugas.

Seperti membawa surat ke instansi di lingkungan Pemkot Bitung, pergi memfotokopi berkas atau surat hingga disuruh pergi membeli rokok dan makanan.

Upah THL di Pemkot Bitung tidak capai Upah minimun provinsi (UMP) tahun 2021 Rp 3.310.723, setiap bulannya mereka menerima Rp 2 juta dan instansi teknis seperti Dinas Kesehatan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Satpol Rp 2,5 juta.

THL yang enggan namanya dicantumkan mengaku, menjadi THL sebagai batu loncatan hingga menunggu melamar pekerjaan lainnya sesuai kompetensi.

"Jadi sambil menunggu ada lamaran calon pegawai negeri sipil (CPNS), atau Bank, hingga di perusahan, coba-coba lamar kerja di THL sembari membuka relasi," ujar THL di lingkungan setda Kota Bitung.

Halaman
123
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved