Berita Bolmut

Gelar FGD KLHS, Rachmat Pontoh: Harus Mengedepankan Kelestarian Lingkungan 

Asisten Bidang Pemerintahan Dan Kesra menyampaikan bahwa Pelaksanaan FGD ke II merupakan rangkaian tahapan penyusunan dokumen KLHS.

Penulis: Mejer Lumantow | Editor: Rizali Posumah
Istimewa.
Asisten Pemerintahan dan Kesra Bolmut Buka Kegiatan FGD Ke II Kajian Lingkungan Hidup Strategis. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Rachmat Pontoh mewakili Bupati Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Depri Pontoh membuka secara resmi kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Ke II Penyusunan Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) Perubahan RPJMD Tahun 2018-2023, Selasa (15/6/2021).

Kegiatan ini bertempat di ruang rapat Bapelitbang.

Pada kesempatan tersebut, Asisten Bidang Pemerintahan Dan Kesra menyampaikan bahwa Pelaksanaan FGD ke II merupakan rangkaian tahapan penyusunan dokumen KLHS, yang bertujuan untuk memastikan bahwa aspek pembangunan berkelanjutan telah terintergrasi dalam kebijakan, rencana, dan program dalam RPJMD.

Juga menggunakan pendekatan capaian tujuan pembangunan berkelanjutan daerah yang dibandingkan dengan target tujuaan pembagunan berkelajutan nasional. 

"Dengan pendekatan tersebut maka diharapkan pencapaian tujuaan pembagunan berkelanjutan yang belum mencapai target dapat dilakukan percepatan melalui upaya tambahan dalam RPJMD," jelas Pontoh kepada Tribun Manado.

Lebih lanjut, dikatakannya, sebagaimana tujuan dilaksanakannya FGD II ini adalah dalam rangka membahas dan mendiskusikan sekaligus memberikan masukan untuk penyusunan dan penyempurnaan dokumen Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS). 

"Serta memberikan rekomendasi pengelolaan lingkungan, sehingga kegiatan pembangunan yang dilaksanakan itu bisa berkelanjutan dan tetap memperhatikan kelestarian lingkungan hidup," terang Rachmat Pontoh.

Oleh karena itu, dirinya berharap Apa yang menjadi masukan masukan dari masing masing organisasi perangkat daerah (OPD) maupun stakehoder terkait dapat diserap dengan baik. 

"Sehingga menjadi catatan dan rekomendasi sebagai bahan penyempurnaan dokumen KLHS perubahan RPJMD Kabupaten Bolmut," tutup Asisten Pemerintahan dan Kesra Bolmut. (Mjr)

Tentang Bolmut

Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) adalah sebuah kabupaten di provinsi Sulawesi Utara, Indonesia.

Ibukota Bolmut adalah Boroko.

Jarak dari Boroko ke Manado, Ibukota Provinsi Sulut, 275,5 kilometer atau 6 jam 17 menit dengan mobil melewati jalan Trans Sulawesi

Bolmut memiliki luas total 1.852,86 km2

Kabupaten ini memiliki 2 gunung, yaitu Gunung Gambuta dan Gunung Paupau.

Ada 2 sungai melewati kabupaten ini, yaitu Sungai Sangkub dan Sungai Ayong. Keduanya ada di Kecamatan Sangkub.

Saat ini Kabupaten Bolmut dipimpin oleh Bupati Depri Pontoh dan Wakil Bupati Amin Lasena.

Hendak Ingin Kembalikan Motor Curian, AJ Digiring ke Mapolsek Tomohon Tengah

Kumpulan Perusahaan yang Membuka Lowongan Kerja Terbaru, Terima Lulusan SMA, Ini Cara Daftar

Tak Banyak yang Tahu, Ternyata 7 Minuman ini Bisa Atasi Kolesterol, Kadar Kolesterol Langsung Turun

Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved