Breaking News:

Berita Tomohon

Mewakili Wali Kota Caroll Senduk, Toar Pandeirot Paparkan Terkait Assesmen Nasional

Pemerintah Kota Tomohon menggelar Assesmen Kompetensi Minimum jenjang Sekolah Dasar (SD) se-Kota Tomohon

Penulis: Hesly Marentek | Editor: David_Kusuma
Tribun Manado / Hesly Marentek
Pemerintah Kota Tomohon menggelar Assesmen Kompetensi Minimum jenjang Sekolah Dasar (SD) se Kota Tomohon. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Pemerintah Kota Tomohon menggelar Assesmen Kompetensi Minimum jenjang Sekolah Dasar (SD) se Kota Tomohon.

Kegiatan yang digelar di AAB Guest House, Senin (14/6/2021) ini dihadiri Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Toar Pandeirot.

"Seiring dengan perubahan dan dinamika masyarakat yang terus bergerak menuju arus globalisasi, problem dan tantangan yang harus dihadapi oleh dunia persekolahan kita makin rumit dan kompleks," kata Pandeirot saat membawakan Sambutan Wali Kota Tomohon Caroll Senduk.

Lebih lanjut dia mengatakan sekolah tidak hanya dituntut untuk mampu melahirkan generasi yang cerdas secara intelektual.

Baca juga: Elektabilitas PDIP Tertinggi, Sandra Rondonuwu: Masyarakat Rasakan Kerja PDIP

Tetapi juga diharapkan dapat menciptakan generasi bangsa yang cerdas secara emosional dan spiritual.

"Karena itu sistem pendidikan harus mampu menghadirkan suatu instrumen terukur dalam mengevaluasi sistem pembelajaran yang dijalankan," kata Pejabat yang namanya santer terdengar menguat sebagai Calon kuat Sekkot Tomohon ini.

Adapun menurut Pandeirot pada tahun 2021 ini, pemerintah melalui kementerian pendidikan dan kebudayaan mengambil kebijakan untuk merubah sistem evaluasi pembelajaran sekolah.

Dari ujian nasional ke asesmen nasional sebagai upaya memperbaiki kualitas pendidikan secara menyeluruh.

"Asesmen nasional dirancang untuk menghasilkan informasi akurat untuk memperbaiki kualitas belajar-mengajar, yang pada gilirannya akan meningkatkan hasil belajar siswa," ungkapnya seraya menyebut asesmen nasional menghasilkan informasi untuk memantau perkembangan mutu dari waktu ke waktu, dan kesenjangan antar bagian di dalam sistem pendidikan.

"Asesmen nasional bertujuan untuk menunjukkan apa yang seharusnya menjadi tujuan utama sekolah, yakni pengembangan kompetensi dan karakter siswa," paparnya lagi.

Baca juga: Live Streaming Grup D Euro 2020, Skotlandia vs Ceko, Siap Duel di Stadion Hampden Park

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved