Breaking News:

Berita Minut

KPA Hijau Bebas Dikukuhkan, Langsung Tanam Pohon di Hutan Kenangan Minut

Kelompok Pecinta Alam Hijau Bebas melakukan penanaman pohon di Hutan Kenangan Minahasa Utara, akhir pekan lalu.

Penulis: Fernando_Lumowa | Editor: Rizali Posumah
Istimewa.
Penanaman bibit pohon bersama di Hutan Kenangan Minut yang digagas KPA Hijau Bebas. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia pada 5 Juni kemarin, Kelompok Pecinta Alam Hijau Bebas melakukan penanaman pohon di Hutan Kenangan Minahasa Utara, akhir pekan lalu. 

Sebelum penanaman bersama, mewakili Kepala UPTD Kesatuan Pengelolah Hutan Lindung KPH VI Wilayah Manado, Minahasa Utara, Bitung, Meiyer Frederick Markus mengukuhkan Kelompok Pecinta Alam (KPA) Hijau Bebas yang diketuai Rival Wowompansing.

Ia didampingi Sekretaris, Andini Dolosemba dan Bendahara Yulastri Rahman.

Rifal Wowompansing mengatakan, kegiatan penanaman pohon dalam rangka Hari Lingkungan Hidup Sedunia dan  Pengukuhan KPA Hijau Bebas. 

"Kegiatan ini menggugah kesadaran masyarakat bagaimana cara kita menjaga serta melestarikan alam,"ungkap Rifal, Senin (14/06/2021).

Penanaman bibit pohon bersama di Hutan Kenangan Minut yang digagas KPA Hijau Bebas.
Penanaman bibit pohon bersama di Hutan Kenangan Minut yang digagas KPA Hijau Bebas. (Istimewa.)

Lanjut dia, mereka juga mengedukasi akan pentingnya kelestarian  alam bagi manusia. 

Karena itu, KPA Hijau Bebas mengambil langkah dengan mengundang instansi pemerintah yang bergerak dalam bidang yang sama terutama alam yakni Dinas Kehutanan, Dinas Lingkungan Hidup, BP2LHK juga  dari pihak PT Tirta Investama (Aqua).

Penanaman bibit pohon bersama di Hutan Kenangan Minut yang digagas KPA Hijau Bebas.
Penanaman bibit pohon bersama di Hutan Kenangan Minut yang digagas KPA Hijau Bebas. (Istimewa.)

"Menjagadan melestarikan  lingkungan adalah harga mati bagi kami seperti melestarikan pohon. Karena pohon ini adalah penyaring udara di bumi. Dengan daun dan batangnya, pohon menyerap gas dan komponen berbahaya di udara lalu mengeluarkan oksigen, sehingga membantu kita untuk bernafas," ungkapnya.

Dijelaskannya, banyak manfaat dari kegiatan menanam pohon bagi lingkungan yakni, mengurangi dampak perubahan iklim, membersihkan udara, mendinginkan suhu perkotaan,  menyimpan air, mencegah polusi air, tempat tinggal berbagai macam satwa dan memperkuat tanah.

Pengukuhan dan penanaman bersama tersebut dihadiri perwakilan Dinas Lingkungan Hidup Minut, Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2LHK) Manado, PT Tirta Investama (AQUA), KPA B Amberley, KPA B Silonopsis, KPA B Paniki Sulut, KPA B Volcano Tomohon. (ndo) 

Halaman
123
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved