Breaking News:

Pemkab Prediksi Pendaftar di SMPN 1 dan 2 Amurang Membludak

Tiap tahun, ratusan pelajar dari seluruh pelosok Kabupaten Minsel yang baru lulus, selalu menyasar kedua sekolah unggulan ini.

Penulis: Rul Mantik | Editor: Charles Komaling
TRIBUN MANADO/ANDREW PATTYMAHU
Fietber Raco. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Dua sekolah unggulan di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), bakal diserbu siswa baru.

Kedua sekolah itu yakni, Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Amurang dan SMP Negeri 2 Amurang.

Tiap tahun, ratusan pelajar dari seluruh pelosok Kabupaten Minsel yang baru lulus, selalu menyasar kedua sekolah unggulan ini.

Untuk mengantisipasi terjadinya over capacity dan tidak terakomodasinya siswa yang berdomosili di dekat sekolah, Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan akan memberlakukan penerimaan sistem zonasi di dua sekolah ini.

"Kemungkinan besar kami akan memberlakukan penerimaan sistem zonasi di dua sekolah unggulan," ujar Fietber Raco, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Minsel, Minggu (13/6/2021).

Pembagian sistem zonasi, kata Fietber, 5 persen untuk jalur afirmasi, 5 persen jalur prestasi, 90 persen adalah siswa yang domisilinya di dekat sekolah.

"Jadi, saat pembukaan pendaftaran, sekolah unggulan akan menerima dulu siswa yang domisilinya di dekat sekolah, setelah itu membuka penerimaan jalur afirmasi dan prestasi," ujarnya.

Jika semua siswa di sekitar sekolah sudah diterima dan masih ada kuota yang tersisa, jelasnya, itu akan ditambahkan ke penerimaan jalur afirmasi dan prestasi.

"Bisa saja kuota penerimaan jalur afirmasi dan prestasi bertambah kalau sesudah tidak ada lagi pendaftar siswa yang domisilinya di seputaran kawasan sekolah," papar Fietber.

Pemberlakuan sistem zonasi, kata Fietber, bertujuan untuk mengantisipasi tidak terakomodirnya siswa yang tinggal di seputaran sekolah.

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved