Breaking News:

News Analysis

Terkait Jabatan Sekda di Daerah, Pengamat Politik Sulut: Harus Sesuai Kapabilitas dan Aksebilitas

Sekretaris Daerah (Sekda) adalah "jantung" birokrasi di mana perannya akan sangat berpengaruh kepada seluruh roda pemerintahan. 

TRIBUN MANADO/ARTHUR ROMPIS
Taufik Tumbelaka 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Sekretaris Daerah (Sekda) adalah "jantung" birokrasi di mana perannya akan sangat berpengaruh kepada seluruh roda pemerintahan

Demikian dikatakan Pengamat Politik Taufik Tumbelaka soal adanya pengisian Sekda di Pemerintah Kabupaten / Kota ( Pemkab / Pemkot) maka akan terjadi proses seleksi.

Tumbelaka juga mengatakan, Sekda juga adalah "jembatan utama" antara Kepala Daerah dengan jajaran birokrat.

Ide dan gagasan dari Kepala Daerah harus dengan cekatan dipahami dan dilaksanakan oleh Sekda dengan bantuan jajaran birokrasi agar tujuan ide dan gagasan yang ada akan tercapai.

"Disini siapa saja yang secara administrasi yang telah memenuhi syarat maka dapat mengikuti, baik itu birokrat di Pemkab / Pemkot dan juga birokrat di tingkat Pemerintah Propinsi (Pemprov)," jelas Tumbelaka kepada Tribun Manado.

Namun, kata Tumbelaka, nantinya melalui proses seleksi akan ditetapkan siapa yang dianggap paling cocok memikul tantangan jabatan sebagai Sekda dan dianggap dapat memenuhi kebutuhan organisasi dan sesuai harapan Pimpinan.

"Soal turut sertanya birokrat dari jajaran Pemprov merupakan suatu hal yang wajar-wajar saja.

Nantinya siapa yang akan terpilih akan dilihat dari hasil seleksi," ujarnya.

Menurutnya, selama ini memang ada Pemkab / Pemkot yang memiliki Sekda dari jajaran Pemprov, seperti Minut, Sangihe diwaktu lalu, Sitaro diwaktu lalu, Tomohon diwaktu lalu, Minahasa diwaktu lalu. 

Halaman
12
Penulis: Majer Lumantow
Editor: Rizali Posumah
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved