Breaking News:

Berita Bitung

Warga di Bitung Ini Buang Sampah Lewat Jam, Ada yang Pakai Motor Dinas Berpelat Merah

Di sebuah lahan tidak begitu luas tepat di tepi jalan menuju kompleks SMPN 12 Kelurahan Girian Indah, nampak tumpukan sampah masih berserakan.

Penulis: Christian_Wayongkere
Editor: David_Kusuma
Kolase / Tribun manado / Christian Wayongkere
Seorang warga yang memakai motor dinas pelat merah terekan live report live Facebook Tribu Manado. Membuang sampah hampir pukul 12.00 wita, padahal ketentuan dalam membuang sampah di Kota Bitung pukul 18.00 wita - 06.00 wita. 

Manado, TRIBUNMANADO.CO.ID - Persoalan sampah kembali ditemukan di Kelurahan Girian Indah Kecamatan Girian Kota Bitung, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Kamis (10/6/2021).

Seperti amatan Tribunmanado.co.id, di sebuah lahan tidak begitu luas tepat di tepi jalan menuju kompleks SMPN 12 Kelurahan Girian Indah, nampak tumpukan sampah masih berserakan.

Ada pula kepulan asap yang timbul dari berbagai macam dan jenis sampah, dan pada sebagian lahan itu nampak sisa-sisa sampah yang telah di angkut oleh petugas kebersihan.

Pemandangan itu, memunculkan dua praduga. Pertama petugas kebersihan yang bertugas mengangkat sampah belum mengangkat dan kedua masyarakat tidak kunjung sabar dan disiplin dengan waktu membuang sampah.

Adapun waktu membuang sampah di konteiner, bak sampah hingga tempat pembuangan sementara (TPS) di Kota Bitung mulai pukul 18.00 wita sampai pukul 08.00 wita.

Saat melakukan pengamatan, Tribunmanado.co.id mendapati lokasi yang dijadikan tempat pembuangan sampah, oleh masyarakat masih saja membuang sampah di luar waktu yang ditentukan.

Ironisnya seorang warga berjenis kelamin laki-laki, awalnya membawa sampah dengan sebuah sepeda motor matic pelat merah dengan nomor polisi DB 2*** C tanpa memakai helm.

Lalu membuang sampah yang dikemas dalam kantong plastik, ke lokasi itu. Tak hanya warga yang memakai kendaraan dinas, ada juga warga yang memakai motor lainnya ikut membuang sampah tidak pada tempatnya.

Kejadian ini dikritisi oleh Wesly Tamasiro dari komunitas pemerhati lingkungan di Kota Bitung, yang meminta dan mendesak pemerintah Kota Bitung di bawah pimpinan Wali kota Maurits Mantiri dan Wakil wali kota Hengky Honandar, melalui instansi teknis agar jangan tinggal diam.

"Kami dari komunitas meminta pemerintah lewat instansi teknis dalam hal ini, Dinas Lingkungan Hidup untuk mencari tahu dan memberikan sanksi kepada warga yang memakai motor dinas, membawa dan membuang sampah sudah lewat waktunya," tegas Wesly Tamasiro.

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved