Breaking News:

Berita Minsel

Syarat Calon Sekda Minsel Harus Diklat Pim II, Hanya Maindoka dan Tiwa yang Memenuhi Syarat

Ada nama Decky Tuwo, Nixon Mukuan, serta kemungkinan pejabat "impor" dari Pemprov Sulut, seperti Steven Liow dan Glady Kawatu.

tribun manado
kantor bupati minsel 

Manado, TRIBUNMANADO.CO.ID - Mendekati penggantian Sekretaris Daerah (Sekda) di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), sejumlah nama pejabat bermunculan.

Ada nama Decky Tuwo, Nixon Mukuan, serta kemungkinan pejabat "impor" dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara, seperti Steven Liow dan Glady Kawatu.

Ketiga nama itu santer disebut-sebut sebagai calon Sekda Minsel, menggantikan Sekda Denny Kaawoan yang akan memasuki masa pensiun.

Namun, jika mengacu pada aturan bahwa calon Sekda harus sudah ikut Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Kepemimpinan (Pim) Tingkat II, ada dua pejabat Pemkab Minsel yang paling memenuhi persyaratan itu.

Kedua pejabat yang sudah ikut Diklat Pim II di Minsel adalah Dr Meidy Maindoka dan Drs Roy Tiwa.

Meidy Maindoka, sudah pernah menduduki jabatan eselon II di beberapa SKPD.

Dia pernah menjabat Kepala Bappelitbang, Kepala Dinas Sosial dan saat ini menjabat sebagai Kepala Dinas Koperasi dan UKM.

Sementara, Roy Tiwa, saat ini menjabat sebagai Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat Daerah. Maindoka dan Tiwa, sama-sama ikut Diklat Pim II di Bali.

Hal ini pun dibenarkan oleh pengamat politik dan pemerintahan Sulawesi Utara, Taufik Tumbelaka.

"Dalam persyaratan calon Sekda, selain pejabat yang bersangkutan sudah memiliki kepangkatan Golongan IVb atau diutamakan Golongan IVc, calon Sekda harus sudah ikut Diklat Pim II. Di mana-mana, aturan ini selalu digunakan," terang pengamat jebolan Universitas Gajah Mada, Fakultas Ilmu Politik dan Pemerintahan itu.

Halaman
12
Penulis: Rul Mantik
Editor: David_Kusuma
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved