Breaking News:

Pilpres 2024

Soal Peluang Parpol di Pilpres 2024, Pengamat Politik Sulut: Figur akan Mempengaruhi Elektabilitas

Pengamat Politik Sulut Jefry Paat mengatakan setiap Parpol dalam prosesnya terlebih dahulu harus mengikuti aturan dari KPU. 

TRIBUNMANADO/RYO NOOR
Jefry Paat 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Terkait elektabilitas Parpol untuk persiapan Pilpres 2024, tentunya semua parpol harus mempersiapkan diri. 

Yang pertama persiapan mereka harus mengikuti aturan-aturan yang dikeluarkan KPU atau PKPU

Jadi Parpol ini pun akan tetap diverifikasi oleh KPU, sehingga akan kelihatan Parpol yang lolos verifikasi dan mana yang tidak. 

Demikian dikatakan Pengamat Politik Sulut Jefry Paat, bahwa setiap Parpol dalam prosesnya terlebih dahulu harus mengikuti aturan dari KPU

"Karena di daerah itu hanya menerima apa yang sudah lolos dari KPU pusat, karena ini dasar aturannya," jelas Paat kepada Tribun Manado

Lanjutnya, soal proyeksi Parpol di Pilpres kedepan memang kelihatan beberapa parpol yang masih kuat. Seperti PDIP, Golkar, Nasdem, Demokrat dan Gerindra. 

"Tapi perlu juga dilihat parpol-parpol yang akan memberikan kejutan baru di Pemilu 2024, seperti PSI bisa saja memberikan warna baru di Pilpres 2024 nanti, " sebut Paat. 

Untuk partai-partai islam, seperti PKB, PPP, PKS, tentu bisa juga memberikan warna tersendiri dalam persaingan Parpol di Pilpres nanti, bisa diperhitungkanlah, kendati elektabilitas mereka belum sekuat Parpol besar. 

"Kecuali Partai Ummat yang baru dideklarasikan, karena belum bisa bersaing dalam Pemilu nanti," ujar Paat. 

Mengapa? Paat mengatakan, Partai Ummat belum bisa memberikan warna, apalagi yang mendeklarasikan itu kurang diterima baik oleh masyarakat Indonesia. 

Halaman
12
Penulis: Majer Lumantow
Editor: Rizali Posumah
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved