Breaking News:

Operasi KKP Sukses Lumpuhkan 19 Kapal Asing Pencuri Ikan

Trenggono juga menyampaikan apresiasinya kepada Awak kapal pengawas Perikanan yang telah bekerja keras

Tribun manado / Christian Wayongkere
Ilustrasi KKP 

TRIBUNMANADO.CO.ID, TRIBUN - Operasi pengawasan yang dilakukan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), dalam rangka memperingati Hari Internasional Memerangi IUU Fishing berhasil melumpuhkan 19 kapal. Ke 19 kapal itu merupakan pelaku illegal fishing, di sejumlah wilayah perairan.

Keberhasilan operasi ini mempertegas komitmen Menteri Kelautan dan Perikanan RI Trenggono dalam memberantas praktik ilegal unreported and unregulated (IUU) Fishing.

"KKP memperingatinya melalui kerja keras para aparat kami, awak kapal pengawas perikanan yang terus menjaga setiap jengkal wilayah perairan kita, memastikan agar sumber daya kelautan dan perikanan terlindungi dari IUU Fishing," ujar Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono dalam Konferensi Pers yang dilaksanakan secara virtual di Stasiun PSDKP Pontianak, Kamis (10/6/2021).

Lanjut Menteri Trenggono, KKP melaksanakan operasi selama seminggu sejak tanggal 3-8 Juni 2021, dan berhasil menangkap tiga kapal berbendera Malaysia, tujuh kapal berbendera Vietnam, dua kapal berbendera Filipina dan tujuh kapal berbendera Indonesia.

Capaian ini menunjukkan bahwa KKP serius dalam memberantas IUU Fishing di Wilayah Pengelolaan Perikanan Negara Republik Indonesia.

Pada kesempatan tersebut, Trenggono juga menyampaikan apresiasinya kepada Awak kapal pengawas Perikanan yang telah bekerja keras di lapangan sebagai benteng KKP dalam menjaga sumber daya kelautan dan perikanan.

Menteri Trenggono menjanjikan akan terus memperkuat pengawasan, termasuk dengan penguatan infrastruktur

"Dari sisi infrastruktur, tahun ini kita sudah menambah dua armada baru dan akan terus kami tambah dengan kapal-kapal pengawas sekelas kapal fregat secara bertahap," tambahnya.

Laut Natuna Utara
Sementara itu, Direktur Pemantauan dan Operasi Armada (POA) KKP, Pung Nugroho Saksono yang memimpin langsung operasi kapal pengawas menambahkan, informasi detail pelaksanaan operasi pengawasan tersebut.

Ipunk sapaan Pung Nugroho Saksono menyampaikan bahwa empat kapal pengawas yang terdiri dari Kapal Patroli (KP) Hiu 11, KP Hiu Macan 1, KP Hiu Macan Tutul 2 dan KP Orca 3 berhasil menangkap tiga kapal berbendera Malaysia.

Halaman
12
Penulis: Christian_Wayongkere
Editor: Charles Komaling
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved