Breaking News:

Pemkab Minsel Terbitkan Surat Edaran Wajib Bersih Rumah dan Kantor

Masalah sampah kian hari semakin besar. Bahkan berpotensi menuju masalah besar.

tribunmanado.co.id/Rul Mantik
Wakil Bupati Minsel, Petra Yani Rembang memerintahkan ASN Humas dan Dinas Koperasi untuk membersihkan kawasan kantornya. Petra sendiri langsung memulai membersihkan sampah dan rumput liar di sekitar kantor itu. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Keluhan masyarakat soal penumpukan sampah serta kondisi kantor pemerintahan yang jorok, bakal segera berakhir.

Ini setelah Bupati Minahasa Selatan, Provinsi Sulawesi Utara, Franky Donny Wongkar mengeluarkan maklumat untuk mengatasi sorotan masyarakat yang kerap viral di media sosial itu. Edaran tersebut tentang pengelolaan sampah.

Surat Edaran Nomor 299/BMS-D.LH/V-2021 itu diterbitkan pada 18 Mei 2021. Surat yang ditandatangani oleh Bupati Minsel ini sudah dibagikan ke semua kepala desa (Hukum Tua), camat, pihak gereja, masjid dan semua Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

Salah satu ini surat edaran itu yakni kewajiban melaksanakan Jumat Bagi Berkat. Ini adalah singkatan dari 'Setiap Jumat bangun pagi, bersih pekarangan rumah dan kantor.

Menurut Bupati Minsel, Franky Wongkar, Surat Edaran ini dibuat untuk menangani masalah sampah di seluruh wilayah Kabupaten Minsel.

"Masalah sampah kian hari semakin besar. Bahkan berpotensi menuju masalah besar. Jadi, untuk mengantisipasi masalah sampah, telah dibuatkan surat edaran," aku Franky Wongkar.

Agar isi surat edaran itu dilaksanakan secara masif, kata Franky, surat edaran itu telah dibagikan ke seluruh pelosok Minsel.

"Surat edaran telah dibagikan ke semua kepala perangkat daerah, semua camat, hukum tua dan lurah, kepala sekolah, pimpinan rumah sakit dan Puskesmas, pemimpin keagamaan dan kepada semua pelaku usaha di Kabupaten Minsel," kata Sekretaris DPD PDI Perjuangan Provinsi Sulawesi Utara itu.

Dengan dikeluarkannya surat edaran ini, kata Franky Wongkar, diharapkan akan ada pengurangan timbunan sampah sampai 70 persen dan penanganan sampah sampai 30 persen.

"Target kita seperti target nasional, yaitu pada Tahun 2025 telah mencapai zero waste sebagaimana diatur dalam Peraturan Presiden Nomor 97 Tahun 2017," terangnya.

Halaman
12
Penulis: Rul Mantik
Editor: Charles Komaling
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved