Breaking News:

Berita Bolsel

Bupati Bolsel Iskandar Kamaru Dukung Pendataan Potensi Desa dari BPS 

Bupati menjelaskan, Podes merupakan sumber data tematik yang berbasis kewilayahan yang menggambarkan potensi wilayah seluruh indonesia.

Penulis: Nielton Durado
Editor: Rizali Posumah
Tribun Manado / Nielton Durado
Bupati Bolsel Haji Iskandar Kamaru.  

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado -- Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) H. Iskandar Kamaru, mendukung program pendataan potensi desa (Podes) Tahun 2021 dari Badan Pusat Statistik (BPS) Bolaang Mongondow.

Bupati dua periode itu meminta kepada para Camat, Sangadi serta seluruh jajaran pemerintah desa dan masyarakat untuk membantu kepada petugas BPS yang akan melakukan pendataan di wilayah Kabupaten Bolsel.

Kegiatan Pendataan Podes 2021 ini dilaksanakan mulai tanggal 2–30 Juni 2021 mendatang oleh BPS Bolmong. 

Bupati menjelaskan, Podes merupakan sumber data tematik yang berbasis kewilayahan yang menggambarkan potensi wilayah seluruh indonesia.

Dimana Podes akan berguna sebagai dasar pembangunan wilayah. 

Sebab dengan adanya Podes, nantinya akan diketahui potensi suatu daerah.

Nantinya hal ini akan dipakai untuk penyusunan analisis kebijakan, perhitungan indikator pembangunan kewilayahan, serta kemajuan dan pembangunan desa seperti indeks kesulitan geografis (IKG).

“Makanya pendataan Podes ini sangat perlu untuk melihat semua yang akan menjadi potensi desa untuk bisa di kembangkan," ujarnya ketika dihubungi Tribun Manado, Selasa (8/6/2021). 

"Selain itu, basis data ini sangat dibutuhkan pemerintah dalam merancang arah pembangunan untuk Indonesia Maju,” tambah Kamaru. 

Iskandar juga menghimbau untuk menyiapkan data yang dibutuhkan para petugas BPS untuk pendataan Podes tersebut.

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved