Breaking News:

RHK Selasa 8 Juni 2021

BACAAN ALKITAB Matius 25:18 - Menyembunyikan Uang Tuannya

Mengusahakan talenta yang diberikan Tuhan adalah panggilan semua orang yang menerimanya.

Editor: Aswin_Lumintang
internet
Ilustrasi Renungan 

Matius 25:18
"Tetapi hamba yang menerima satu talenta itu pergi dan menggali lobang di dalam tanah lalu menyembunyikan uang tuannya."
-----------------------------------------

ilustrasi
ilustrasi ()

TRIBUNMANADO.CO.ID - Mengusahakan talenta yang diberikan Tuhan adalah panggilan semua orang yang menerimanya. Karena dengan cara itu maka penerima akan mengetahui maksud dan tujuan pemilik talenta, sehingga orang yang menyaksikannya akan mengetahui siapa pemberi talenta itu.

Bacaan hari ini Matius 25:18 bahwa jika talenta itu disembunyikan maka tujuan dan maksud pemberian talenta itu tidak akan diketahui, bahkan menghambat maksud dan tujuan pemberian talenta, dan meremehkan serta tidak mengindahkan otoritas Tuhan sebagai pemberi talenta. Karena itu usaha menyembunyikan talenta dengan memasukkannya dalam lobang adalah sebagai bentuk kejahatan, atau tindakan melawan Allah.

Disuruh pergi ke Timur mereka pergi ke Barat, di suruh ke Utara mereka pergi ke Selatan. Apakah perbuatan-perbuatan kita dapat disembunytikan dari hadapan Allah? Ketika Yunus bin Amitai di suruh untuk pergi memberitakan hukuman Tuhan kepada Niniwe, ia tidak menaatinya. Justru ia pergi melarikan diri ke Tarsis.

Dengan berbagai cara dilakukannya agar proses pelariannya tidak dapat dilacak dan diikuti. Pelarian Yunus adalah cara persembunyian dari tugas-tugas yang diberikan Tuhan. Bahkan ketika angin ribut dengan badai besar menghantam kapal, Yunus turun ke ruangan paling bawah dari kapal itu dan bersembunyi di sana.

Tindakan menyembunyikan juga dilakukan Ananias dan Safira ketika menerima berkat hasil penjualan harta yang Tuhan berikan. Seharusnya itu dikelola dalam bentuk membawanya kepada Tuhan, namun dengan bersekongkol mereka menyembunyikannya. Di hadapan Tuhan tidak ada yang dapat disembunyikan. Ia akan datang mencari dan meminta pertanggungjawaban dari hamba-hamba-Nya atas semua tugas dan talenta yang dipercayakan-Nya.

Sebagai keluarga Kristen menerima talenta sebagai berkat yang diberikan Tuhan. Kita diajak agar jangan menyimpan atau menyembunyikan talenta itu. Sebab di hadapan Tuhan tidak ada sesuatupun yang dapat disembunyikan. Ia mau kita terbuka di hadapan-Nya. Amin.

DOA: Ya Tuhan, tuntunlah kami agar tidak menyembunyikan talenta yang Tuhan berikan. Bentuklah hidup kami ya Roh Kudus agar kami selalu memiliki hati yang terbuka di hadapan-Mu. Amin.

Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved