Breaking News:

TRIBUN BAKU DAPA

Ketua Umum Kawanua Rescue Indonesia Max Boseke, Ungkap Rencana Pelatihan Relawan Antisipasi Bencana

Mengantisipasi bencana alam yang terjadi di Indonesia terutama di Sulawesi Utara (Sulut), maka masyarakat kawanua di Jakarta telah membentuk KRI

tribun manado/ronald moha
TRIBUN BAKU DAPA - Ketua Umum Kawanua Rescue Indonesia (KRI) dan Kepala Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) Pusat PDI Perjuangan, Drs Max Ruland Boseke M.M, MS.C dan Merdy Melan Rumintjap M.Si, CEO Global Worker Indonesia dipandu Jurnalis Tribun Manado, Aswin Lumintang 

MANADO, TRIBUNMANADO.CO.ID - Mengantisipasi bencana alam yang terjadi di Indonesia terutama di Sulawesi Utara (Sulut), maka masyarakat kawanua di Jakarta telah membentuk Kawanua Rescue Indonesia (KRI) dengan Ketua Umum KRI, Drs Max Ruland Boseke MM, M.Kes.

Dalam Talkshow Tribun Baku Dapa Drs Max Ruland Boseke MM, M.Kes yang dipandu Aswin Lumintang, Jurnalis Tribun Manado dan Merdy Melan Rumintjap, CEO Global Worker Indonesia (IGW).

Boseke mengatakan, pihaknya dalam waktu dekat akan merekrut relawan terlatih yang nantinya akan membantu korban bencana baik di darat maupun laut. ''Kami akan melatih relawan yang bisa mengevakuasi korban di berbagai medan, '' ujarnya.

Dia juga mengatakan, bahwa beberapa daerah seperti Medan, NTT, Jawa Timur telah meminta agar dibentuk Cabang Kawanua Rescue Indonesia. ''Tapi saya kira kita fokus dulu di ibu kota negara dan Sulawesi Utara, '' ujarnya.

Melan juga menceritakan saat ia berada di Kota Manado dan terjadi gempa sempat bingung untuk melakukan apa. '' Ini membuatnya berpikir bahwa daerah ini (Sulut) rawan bencana, sehingga masyarakatnya harus mendapatkan informasi dan edukasi yang baik terkait cara-cara menyelamatkan diri saat terjadi bencana, '' ujarnya.

Drs Max Ruland Boseke M.M, Ms.c, Ketua Umum Kawanua Rescue Indonesia dan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Pusat PDI Perjuangan
Drs Max Ruland Boseke M.M, Ms.c, Ketua Umum Kawanua Rescue Indonesia dan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Pusat PDI Perjuangan (tribun manado/ronald moha)

Boseke mengatakan, dirinya latar belakangnya bekerja di Basarnas. Sesudah pensiun dia dipercayakan Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarno Putri sebagai Kepala Badan Penanggulangan Bencana (BAGUNA) Pusat PDI Perjuangan.

Dalam diskusi Boseke menjelaskan beberapa program BAGUNA Pusat ke depan dalam mengantisipasi bencana di beberapa daerah di Indonesia. ''Ke depan KRI, BANGUNA Pusat PDI Perjuangan dan Tribun Manado bisa bekerja sama untuk mensosialisasikan ke masyarakat Sulut cara-cara bertindak jika terjadi bencana, '' ujarnya.

Penulis: Aswin_Lumintang
Editor: Aswin_Lumintang
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved