Breaking News:

Berita Kotamobagu

Apotik di Kotamobagu Wajib Kantongi Surat Izin Praktek Apoteker

Tofan Simbala, menuturkan salah satu syarat mendirikan Apotik harus punya Apoteker, dan memiliki SIPA sebelum beroperasi.

tribunmanado.co.id/Nielton Durado
Dinas Kesehatan (Dinkes) Kotamobagu, mencatat sebanyak 43 Apotik di Kotamobagu sudah terdaftar dan sudah memiliki Surat Izin Praktek Apoteker (SIPA). 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado -- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kotamobagu, mencatat sebanyak 43 Apotik di Kotamobagu sudah terdaftar dan sudah memiliki Surat Izin Praktek Apoteker (SIPA).

Kepala Kepala Bidang Pelayanan Promosi SDK, Dinkes Kotamobagu, Tofan Simbala, menuturkan salah satu syarat mendirikan Apotik harus punya Apoteker, dan memiliki SIPA sebelum beroperasi.

“Proses perizinan Apotik itu dimulai dari Apoteker, Asisten Apoteker yang sudah STR, tempat dan fasilitas, tak hanya itu setiap Apotik wajib memiliki SIPA,” kata Tofan, ketika dihubungi Tribun Manado, Senin (7/6/2021).

Adapun pengawasan dan perpanjangan Surat Ijin Apotik, kata Tofan, berlaku 5 tahun sekali yang dibuat di Dinkes.

“Untuk pengawasan Apotik tidak ada jadwal khusus yang ditentukan, karena secara perizinan dalam 5 tahun mereka sekali memperpanjang izin,” ujarnya.

Selanjutnya, terkait pemeriksaan obat disetiap Apotik.

Dinkes melakukan pemeriksaan bersama bersama Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

“Biasanya kami turun bersama BPOM yang melakukan pemeriksaan kemudian memberitahuan hasil pemeriksaan atau temuan mereka kepada Dinkes,” ucapnya. 

“Jika ada temuan terkait obat-obatan misalkan kadaluwarsa maka Dinkes akan melakukan pembinaan terhadap Apoteker,” ungkapnya. 

Ia pun berharap semua apotik di Kotamobagu bisa mematuhi aturan tersebut. 

Halaman
12
Penulis: Nielton Durado
Editor: Rizali Posumah
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved