Breaking News:

Pilpres 2024

Soal Elektabilitas Puan Maharani di Capres 2024, Pengamat Politik: PDIP Harus Kerja Keras 

PDI Perjuangan menghadapi kendala di mana tidak ada figur sekuat Jokowi pada saat akan bertarung ditahun 2024 dimana tidak akan ada petahana

Istimewa
Puan Maharani 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - PDI Perjuangan sebagai partai politik (parpol) dengan elektabilitas atau tingkat keterpilihan tertinggi sampai saat ini, sangat wajar akan mengusung Calon Presiden (Capres) untuk di Pemilu tahun 2024 nanti. 

Namun PDI Perjuangan menghadapi kendala di mana tidak ada figur sekuat Jokowi pada saat akan bertarung ditahun 2024 dimana tidak akan ada petahana.

Pengamat Politik Sulut Taufik Tumbelaka mengamati, Pemunculan nama Puan Maharani memang merupakan sesuatu yang lumrah, dikarenakan Puan adalah figur tengah yang relatif diterima semua kalangan internal PDI Perjuangan.

"Di sini posisi Puan dalam PDI Perjuangan mempunyai hak istimewa dikarenakan merupakan figir pemilik 'darah biru' turunan Sang Patron, Megawati Soekarnoputri dan juga dari trah Soekarno," sebut Tumbelaka kepada Tribun Manado.

Baca juga: Polsek Malalayang dan Tuminting Bagikan Masker Gratis untuk Pengendara dan Nelayan

Tumbelaka menilai, Saat ini PDI Perjuangan memiliki mesin politik parpol yang dapat diandalkan sehingga 'kinerja' akan dapat membantu Puan dalam hal populatitas dan elektabilitas.

"Ini menjadi tantangan besar bagi para kader PDI Perjuangan karena ada fakta politik untuk Pilpres dibutuhan selain kekuatan mesin politik parpol juga kekuatan figur dari Sang Kandidat," jelas Tumbelaka.

Terkait hasil survei, dirinya mengatakan, elektabilitas Puan sampai saat ini memang belum menggembirakan dan Puan belum masuk jajaran atas untuk bertarung atau disejajarkan dengan figur lain. 

"Untuk masalah elektabilitas memang belum sekuat figur lain, namun jika mesin parpol dapat bekerja dengan strategi baik plus kesolidan kader maka bukan tidak mungkin akan terjadi kenaikan signifikan walaupun hal ini tidak mudah," beber Tumbelaka.

Hanya, kata dia, jika dilihat khusus untuk Capres dari PDI Perjuangan memang sampai saat ini belum ada kepastian dan bisa saja nantinya yang diusung benar-benar Puan Maharani.

Baca juga: Gadis Cantik Manado Sonnia Maylangkai Ajak Masyarakat Lestarikan Destinasi Wisata

"Memang belum bisa dipastikan, kendati PDIP sudah mengedepankan Puan Maharani maju Capres 2024, atau bisa juga yang bersangkutan digeser ke "papan 2" atau Cawapres, atau bisa juga Capres dan Cawapres nanti diisi oleh figur lain," terang Tumbelaka.

Kendati demikian, dalam Pilpres tahun 2024 nanti yang pasti PDI Perjuangan akan berupaya meraih '3 periode' sebagai penguasa dan segala strategi bisa saja dimainkan guna menaikan probabilitas agar mempertahankan kekuasaan untuk singgasana RI - 1 terwujud

"Untuk itu waktu 2 tahun akan menjadi sangat dinamis sebelum penentuan bakal kandidat yang akan diusung PDI Perjuangan," pungkas Tumbelaka. (Mjr)

Baca juga: Puan Maharani Dialog dengan Warga Kepulauan, Puji Alam dan Kuliner Sulut, Nginap di Pulau Bangka

YOUTUBE TRIBUN MANADO:


 

Penulis: Majer Lumantow
Editor: David_Kusuma
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved