Breaking News:

Berita Bitung

Simulasi Penanggulangan Bencana Alam di Bitung, Ada Pencuri di Lokasi

Ketua KSB memberikan laporan kepada pemerintah setempat bahwa telah terjadi bencana alam gempa bumi, dan langsung berkoordinasi dengan Pengurus KSB.

Penulis: Christian_Wayongkere | Editor: Rizali Posumah
tribunmanado.co.id/Christian Wayongkere
Pelaksanaan simulasi penanggulangan bencana alam di lapangan sepak Bola Stadion Duasudara Kelurahan Manembo-Nembo Tengah Kecamatan Matuari Kota Bitung. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado – Masyarakat di Dua Kelurahan, Manembo-Nembo Kecamatan Matuari dan Girian Weru 1 Kecamatan Girian, Kota Bitung Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), nampak tengah hidup tentram, Sabtu, (5/6/2021).

Mereka melakukan aktivitas warga yang beragam seperti biasanya. Ada pedagang, nelayan, Aparatur Sipil Negara (ASN) dan pekerja lainnya. Masing-masing sibuk dengan aktivitasnya.

 Di tengah kesibukan dan aktivitas itu, tiba-tiba masyarakat merasakan getaran yang sangat keras, bumi terasa berguncang.

Terlihat beberapa masyarakat merebahkan diri di luar rumah bahkan ada di jalan desa karena tidak kuat menahan guncangan.

Beberapa saat kemudian, diterima informasi dari BMKG bahwa telah terjadi gempa bumi dengan kekuatan 7.5 SR dengan kedalaman 9 KM.

Ini merupakan kondisi peristiwa bencana alam, yang diperagakkan pengurus dan anggota Kampung Siaga Bencana (KSB) Kelurahan Manembo-Nembo dan Girian Weru I, usai Apel Pembentukan Kampung Siaga Bencana (KSB) Kementrian Sosial RI, di Kota Bitung Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) di Stadion Duasudara Manembo-Nembo Kelurahan Manembo-Nembo Tengah Kecamatan Matuari Sabtu (5/6/2021).

Dalam simulasi itu diperlihatkan, bagaimana alur koordinasi dan komunikasi dari KSB ke pemerintah setempat. 

Ketua KSB memberikan laporan kepada pemerintah setempat bahwa telah terjadi bencana alam gempa bumi, dan langsung berkoordinasi dengan Pengurus dan Anggota Kampung Siaga Bencana (KSB).

Saat itu dibunyikanlah Tetengkoren atau Sirine. Tetengkoreng pertama dibunyikan oleh  Ketua KSB diikuti oleh anggota KSB yang telah ditunjuk atau yang telah disebarkan dibeberapa tidak.

Dalam simulasi itu diperagakan sekitar tujuh adegan, dengan melibatkan  Tim reaksi cepat (TRC), tim posko, tim logistik, tim evakuasi, tim shelter, tim kesehatan, tim dapur umum (DU) dan tim PDAM.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved