Breaking News:

RHK Minggu 6 Juni 2021

RENUNGAN HARIAN KRISTEN Matius 25:14 - Harta Titipan Tuhan

Isi perikop Matius 25:14-30 yang oleh LAI (Lembaga Alkitab Indonesia diberi judul "Perumpamaan Tentang Talenta"

Editor: Aswin_Lumintang
Istimewa
Renungan Harian Kristen 

Matius 25:14

TRIBUNMANADO.CO.ID - Isi perikop Matius 25:14-30 yang oleh LAI (Lembaga Alkitab Indonesia diberi judul "Perumpamaan Tentang Talenta" adalah analogi dalam bentuk cerita langsung dari Tuhan Yesus tentang hal Kerajaan Sorga.

"Kepergian" Tuhan Yesus ke sorga, tidak meninggalkan kita dalam kehampaan. Dia justeru "meninggalkan" kita dengan berbagai kekayaan, harta, potensi, talenta, anugerah, kepercayaan dan banyak lagi.

Ilustrasi renungan
Ilustrasi renungan (internet)

Tuhan Yesus mengibaratkan hal kepergian-Nya ke sorga dengan seorang tuan yang akan bepergian ke luar negeri. Dia pergi dalam waktu tertentu, dan akan kembali pada waktu yang dia tentukan sendiri. Pastinya, dia akan tetap kembali menjumpai para hambanya ataupun orang rumahnya.

Jadi, ada masa penantian bagi para hambanya itu. Selama masa penantian itu, sang tuan memercayakan para hambanya itu untuk mengelola hartanya, secara baik, benar dan bertanggungjawab serta memberikan hasil atau dampak yang menguntungkan baik untuk hamba itu sendiri, maupun tuannya.

Harta kekayaan itu adalah titipan sang tuan untuk dikelola oleh para hamba. Agar ketika tuan datang atau pulang, didapatinya mereka mengerjakan apa yang dipercayakannya itu dengan baik. Sehingga sang tuan akan memberikan hadiah bagi yang baik, tapi menghukum bagi yang berlaku tidak benar.

Demikian firman Tuhan hati ini.
  "Sebab hal Kerajaan Sorga sama seperti seorang yang mau bepergian ke luar negeri, yang memanggil hamba-hambanya dan mempercayakan hartanya kepada mereka."  (ay 14)_

Hal yang sama juga dilakukan oleh Tuhan Yesus bagi kita umat-Nya yang percaya pada-Nya. Tuhan Yesus pergi ke sorga untuk kembali sesuai waktu-Nya yang kita tidak tahu. Tapi pasti datang kembali.

Ketika Dia pergi, Dia telah menitipkan banyak "harta kekayaan" berupa potensi, karunia, talenta, kekuatan, kecerdasan, kemampuan dan banyak lagi. Lengkap dengan isi bumi dengan segala kekayaan yang terkandung di dalamnya. Semua itu diberikan Kristus bagi kita untuk dikelola dengan baik agar berbuah dan menghasilkan buah-buah Roh, yang boleh menjadi berkat bagi sesama dan menjadi kemuliaan bagi nama-Nya.

Jangan sampai didapati oleh Tuhan Yesus ketika Dia datang kembali, kita tidak melakukan sesuatu. Kelalaian mengelola anugerah, kepercayaan, talenta, potensi, karunia dan hal-hal lainnya bagi kita, akan berbuah pada penghukuman.

Selain bumi dengan segala kekayaan yang terkandung di dalamnya, Tuhan juga mengaruniakan karunia dan talenta yang berbeda-beda bagi masing-masing umat-Nya. Kita diciptakan menurut kehendak Allah, agar dari hidup kita terpancar berkat bagi banyak orang.

Kekayaan talenta dan karunia yang berbeda-beda itu dimaksudkan agar kita hidup saling melengkapi dan bertanggungjawab yang ujungnya adalah untuk hormat dan kemuliaan nama Tuhan.
Apapun karunia dan talenta yang dipercayakan bagi kita, berapa dan apapun kekayaan yang dipercayakan kepada kita, itu adalah titipan Tuhan untuk kita kelola secara baik dan bertanggungjawab.

Jangan menganggap rendah karunia dan kepercayaan Allah bagi kita. Sebab, sekecil apapun karunia dan talenta yang ada pada kita, itu sangat berharga di mata Tuhan jika kita mengelolanya dengan baik dan benar. Sebab jika kita setia pada perkara kecil, kita akan mendapatkan kepercayaan dan kasih karunia yang lebih besar dari Tuhan Yesus.

Sebagai keluarga Kristen, hiduplah dengan hikmat. Syukurilah dan kelolalah karunia dan talenta Tuhan bagi kita dengan baik, agar semuanya terarah dan tertuju untuk hormat dan kemuliaan nama Tuhan.
Apapun yang kita lakukan, kerjakan, usahakan dan perbuat, lakukanlah itu dalam takut akan Tuhan yakni dalam ketaatan kepada firman-Nya. Termasuk dalam mengelola kekayaan, harta, kekayaan, karunia dan talenta bagi kita dengan baik dan benar untuk kemuliaan nama Tuhan. Tuhan Yesus pasti membuat segala sesuatu yang kita kerjakan berhasil. Amin

DOA: Tuhan Yesus, ajar kami selalu menggunakan segala talenta dan segala kekayaan anugerah-Mu bagi kami untuk hormat dan kemuliaan nama Tuhan. Amin

Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved