Breaking News:

KKB di Papua

Detik-detik Warga Ditembak Mati KKB Kelompok Lekagak Telenggen, Teriakan Ampun Komandan Tak Digubris

Seorang warga di Papua, Habel Helanti, sempat meminta ampun namun tetap ditembak mati anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Kabupaten Puncak

Editor: Gryfid Talumedun
Dok. Polres Puncak
Potret Jenazah Habel Halenti (30) saat dievakuasi ke Puskesmas Ilaga, Kamis (3/6/2021). Warga sipil yang ditembak KKB. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pada Kamis dan Jumat (3-4/2021) melakukan serangkaian aksi kekerasan bersenjata di Kabupaten Puncak, Papua.

Selain menewaskan empat warga sipil, KKB juga membakar sejumlah fasilitas Bandara Aminggaru yang merupakan bandar udara utama di Kabupaten Puncak.

Seorang warga di Papua, Habel Helanti, sempat meminta ampun namun tetap ditembak mati anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Kabupaten Puncak, Papua, Kamis (3/6/2021).

KKB Papua Bunuh Tukang Bangunan dan Bakar Bandara Aminggaru, Sempat Kontak Senjata dengan Aparat

Jenazah Habel Helenti (30) saat tiba di Bandara Mozes Kilangin Timika setelah dibawa menggunakan pesawat berbadan kecil dari Bandara Aminggaru, Ilaga, Sabtu (5/6/2021).

Kapolres Puncak Kompol I Nyoman Punia mengatakan, peristiwa itu terjadi pada pukul 13.00 WIT.

Ketika itu, korban Habel Halenti (30) bersama rekannya, Muh Alif (17) dan Abdul Haras'z (52) berangkat dari kamp karyawan di kompleks pancuran Kampung Kibogolome, Distrik Ilaga dengan tujuan Kampung Eronggobak, Distrik Omukia.

Mereka ke sana menggunakan kendaraan pikap milik Pemkab Puncak, yang biasa digunakan untuk mengangkut babi.

Saat akan kembali, korban Habel dan Muh Alif ditodong dengan senjata api laras pendek dan laras panjang oleh dua anggota KKB.

"Korban sempat berteriak 'ampun Komandan'. Namun langsung ditembak oleh salah satu KKB yang menodongkan senpi tersebut sebanyak 1 kali," kata Kompol Punia dalam keterangannya, Kamis sore.

Saat tim gabungan TNI-Polri tiba di lokasi kejadian untuk mengevakuasi jenazah korban, mereka mendapat tembakan dari anggota KKB.

Panglima Tinggi OPM Thitus Murib: Kita Ditipu Pendahulu OPM jadi Alat Politik Susah Makan di Hutan

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved