Breaking News:

Gempa Bumi Melonguane

BREAKING NEWS Gempa Bumi Berkekuatan 5.2 Guncang Melonguane, Terasa hingga Manado

Berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) gempa berlokasi di perairan Melonguane, Kabupaten Talaud, Sulawesi Utara

Istimewa
Ilustrasi Gempa Bumi. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Gempa bumi berkekuatan 5.2 magnitudo guncang Melonguane, Sulawesi Utara, Minggu (6/6/2021) sekitar pukul 17.11.38 Wita. 

Gempa bumi tersebut terasa hingga Ibu Kota Sulut, Manado.

Berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) gempa berlokasi di perairan Melonguane, Kabupaten Talaud, Sulawesi Utara

Lokasi gemba berada di 103 kilo meter barat daya Kota Melonguane. 

Meski tidak berpotensi tsunami namun BMKG mengimbau agar masyarakat berhati-hati dengan gempa bumi susulan yang mungkin terjadi.

BMKG juga memberikan peta sebaran gambaran potensi gelombang tinggi untuk beberapa perairan di Indonesia.

Dilansir TribunWow.com dari BMKG, berikut rincian peringatan dini cuaca ekstrem di Indonesia:

BMKG mengatakan, Sirkulasi Siklonik terpantau di Papua Barat yang membentuk daerah pertemuan/perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang memanjang dari Papua hingga Maluku.

Daerah konvergensi juga terpantau memanjang dari Pesisir Barat Aceh-Sumatera Utara hingga Selat Malaka, dari Pesisir Barat Sumatera Barat-Bengkulu hingga Riau, dari Jawa Timur hingga Jawa Tengah, dari Kalimantan Selatan hingga Kalimantan Barat bagian Utara, di Kalimantan Timur, dari Sulawesi Tenggara hingga Teluk Tomini, di Laut Sulawesi bagian Utara dan di NTT bagian Timur.

Kondisi ini mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut.

Halaman
1234
Penulis: Rizali Posumah
Editor: Rizali Posumah
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved