Breaking News:

Berita Tomohon

Berkunjung ke Gereja Sion Tomohon Sekaligus Dapat Pengetahuan Sejarah

Gereja Sion Tomohon merupakan bangunan yang sarat akan nilai sejarah. Gedung yang terletak di Pusat Kota Tomohon, mempunyai nilai historis tinggi

Tribun Manado / Hesly Marentek
Gereja Sion Tomohon merupakan bangunan yang sarat akan nilai sejarah. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Gereja Sion Tomohon merupakan bangunan yang sarat akan nilai sejarah.

Selain sebagai cikal bakal lahirnya Gereja Masehi Injili di Minahasa (GMIM), Gedung yang terletak di Pusat Kota Tomohon, mempunyai nilai historis tinggi mengenai kehidupan beragama di tanah Toar Lumimuut.

Hal tersebut pun membuat begitu banyak kalangan baik warga GMIM maupun penganut agama lainnya terpikat mengunjungi salah satu gereja tertua di Sulut ini. Apalagi bangunan gereja ini masih sama dengan saat awal ditahbiskan pada 23 Februari 1930.

Ketua Jemaat GMIM Sion Tomohon Pdt Azer Senduk Roeroe pun berinovasi dengan menyiapkan ‘pramuwisata’ sejarah Gereja Sion Tomohon.

Baca juga: Maurits Mantiri dan Hengky Honandar Foto dengan Puan Maharani di Samping Bendi

Bahkan, pada Sabtu (5/6/2021) saat Jemaat GMIM Betania Teling Tingkulu yang mengadakan napak tilas injil masuk di tanah Minahasa HUT pekabaran Injil dan Pendidikan Kristen ke 190 mendapat kesempatan perdana menerima pemaparan asal-usul Gereja Sion Tomohon.

Saat berkunjung ke Gereja Sion bukan hanya sekedar mengabadikan momen berada di tempat berdirinya GMIM, melainkan mendapatkan pengatahuan sejarah gereja.

Roeroe mengakui, langkah ini sebagai upaya melestarikan perjalanan historis mengenai gereja yang menjadi ikon GMIM ini.

"Maksud dan tujuan ini bukan sebatas memperlihatkan bagaimana keadaan bangunan fisik dan berbagai barang bersejarah yang masih digunakan. Melainkan memberi pengetahuan latar belakang sejarah gereja Sion. Sehingga kami menggandeng pegiat sejarah yang mengerti dan memahami setiap referensi yang ada terkait Gereja Sion," jelas Pdt Roeroe yang juga merupakan ketua FKUB Tomohon ini.

Tugas memberikan pemaparan dipercaya kepada Judie Turambi selaku pegiat sejarah.

Dia pun mengapresiasi dan berterima kasih akan tanggung jawab yang diberikan.

Baca juga: Wali Kota Bitung Maurits Mantiri Jagokan Tim Oranje di Euro 2020

Halaman
123
Penulis: Hesly Marentek
Editor: David_Kusuma
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved