Breaking News:

Berita Sulut

Gubernur Olly Dukung Pengesahan RUU Lindas Kontinen

Olly mengatakan RUU ini akan berdampak bagi perekonomian di Provinsi Sulawesi Utara.

IST
Dukungan Gubernur Olly Dondondokambey atas pengesahan RUU Lindas Kontinen 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Gubernur Sulut, Olly Dondokambey didampingi Wagub Steven Kandouw menyambut baik rencana pengesahan RUU Lindas Kontinen.

Olly mengatakan RUU ini akan berdampak bagi perekonomian di Provinsi Sulawesi Utara.

“Sangat bermanfaat bagi pemerintah Sulawesi Utara, tadi telah dijelaskan dengan detil bahwa Sulut sebagai daerah perbatasan akan mendapatkan perhatian dan potensi ekonomi pasti akan bertambah,” kata Gubernur.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh DPR RI ini dihadiri oleh 5 Orang anggota DPR RI, yaitu Ketua Tim Pansus DPR RI TB Hasanudin, anggota Rudi Paslut, Ratna juwitasar, Muslim dan Andi Akmal dalam rangka penyesuaian RUU Landas Kontinen.

Menurut Ketua Tim Pansus TB Hasanudin, maksud dan tujuan kunker ini adalah Undang-Undang Landas Kontinen atau Undang-Undang Nomor 1 tahun 73 sudah kusam karena tidak pernah memasukkan hasil rapitikasi unclose 1982 yang kemudian sudah dirapitikasi melalui Undang-Undang Nomor 17 tahun 1985.

"Dalam undang-undang yang lama itu dijelaskan tentang wilayah teritori atau wilayah teritorial 12 dan kemudian ada namanya JPE sepanjang 200 dan tetapi menurut unclose kita masih mendapatkan hak berdaulat yang berdasarkan Landas penghitungan dari paling depan sampai maksimum sekitar 300," ungkapnya.

"Materi RUU ini mencakup 11 BAB dan 50 Pasal, tidak terlalu banyak tetapi nilai strategisnya sangat banyak, yang pertama akan mendapatkan kejelasan batas Landas Kontinen terutama kita melaksanakan perundingan-perundingan masalah BOB dan itu akan menjadi perhatian kita semua karena Sulawesi Utara berbatasan dengan wilayah negara asing terutama negara Filipina," sambungnya.

Hasanudin menambahkan bahwa Undang Undang ini bertujuan untuk menunjukkan dimana dasar hak berdaulat dan kewenangan tertentu di daerah Kontinen dan untuk tanggung jawab ganti rugi terhadap terjadinya pencemaran. (ryo)

Baca juga: WASPADA, Kenali Tanda-tanda Seorang Menderita Penyakit Diabetes 

Baca juga: UPDATE Terbaru Daftar Harga Mobil Bekas Murah Bulan Juni 2021, Mulai dari Rp 100 Juta

Baca juga: Bank Mandiri Buka Lowongan Kerja Terbaru, Terima Fresh Graduate, Ini Syarat dan Cara Daftarnya

Penulis: Ryo_Noor
Editor: Chintya Rantung
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved