Breaking News:

Penanganan Covid

Ini Tanggapan Pengamat Kesehatan Terhadap Perkembangan Vaksinasi Covid-19

Vaksinasi Covid-19 di Indonesia masih belum tersalurkan secara merata, hal itu mengundang kekhawatiran publik dalam bayang-bayang virus corona

ISTIMEWA
dr Adi Tucunan 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Vaksinasi Covid-19 di Indonesia masih belum tersalurkan secara merata, hal itu mengundang kekhawatiran publik dalam bayang-bayang virus corona.

Situasi vaksinasi yang belum tersalurkan secara menyeluruh ini pun mendapat tanggapan dari pengamat kesehatan dari Universitas Sam Ratulangi Manado dr Adi Tucunan, Jumat (4/5/2021).

Ia mengatakan capaian masyarakat yang hendak divaksinasi rendah karena ada beberapa faktor yang menyebabkan. 

Pertama, upaya yang dilakukan pemerintah untuk melakukan sosialisasi secara luas belum cukup efektif.

Kedua, ada persepsi dalam masyarakat yang memberikan kekhawatiran kepada mereka tentang vaksinasi itu sendiri khususnya dampak yang ditimbulkan setelah divaksinasi.

Baca juga: Tak Punya Kartu, Masyarakat Bolsel Bisa Klaim BPJS Kesehatan dengan KTP 

Ketiga, belum ada upaya riil dari pemerintah untuk meng-counter kekeliruan pandangan dari publik. 

"Saya pikir, yang harus dilakukan adalah menyelesaikan masalah yang ada diantaranya, pemerintah perlu melakukan sosialisasi sangat intens tanpa kenal lelah untuk memberikan kesadaran pada publik agar mereka mau terlibat dalam melakukan vaksinasi untuk diri mereka sendiri," ujarnya.

Perbanyak jalur komunikasi lewat semua elemen termasuk tokoh agama, tokoh masyarakat dan petugas-petugas di lapangan. 

Edukasi untuk menjelaskan ke publik tentang efek samping dari vaksinasi yang tidak perlu dikuatirkan berlebihan karena fobia terhadap efek samping harus diminimalisir oleh informasi yang benar ke publik oleh semua elemen pemerintah dan masyarakat. 

Untuk mencapai target dari vaksinasi harus ada sosialisasi sampai di level bawah, termasuk wilayah terpencil di desa-desa.

Halaman
12
Penulis: Andreas Ruauw
Editor: David_Kusuma
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved