Breaking News:

KRI Nanggala 402

Kawah Raksasa Bawah Laut Bali Jadi Tempat Bersemayam KRI Nanggala-402, Evakuasi Akhirnya Dihentikan

Ada Kawah Raksasa Laut Bali, evakuasi KRI Nanggala-402 dihentikan setelah beberapa puing kapal berhasil diangkat dari dasar laut perairan Bali.

Editor: Frandi Piring
TNI AL
Puing KRI Nanggala -402. Kawah Raksasa Bawah Laut Bali Jadi Tempat Bersemayam KRI Nanggala-402, Evakuasi Akhirnya Dihentikan. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Kabar terbaru tenggelamnya KRI Nanggala-402, pemerintah Indonesia memutuskan untuk mengakhiri operasi pengangkatan kapal selam KRI Nanggala-402 yang tenggelam di perairan Bali dan menyebabkan seluruh awaknya gugur.

Evakuasi KRI Nanggala-402 secara resmi dihentikan setelah beberapa puing kapal berhasil diangkat dari dasar laut perairan Bali.

Bantuan dari China dengan kontribusi kapal canggih yang membantu proses evakuasi pun dihentikan.

Namun, tenggelamnya KRI Nanggala-402 masih menyimpan misteri.

Pada Rabu (02/06/2021), TNI Angkatan Laut menggelar "rapat koordinasi pengakhiran" operasi pengangkatan KRI Nanggala-402 di Jakarta, yang dihadiri atase pertahanan China untuk Indonesia, demikian keterangan tertulis Dinas Penerangan Angkatan Laut.

Kapal Selam <a href='https://manado.tribunnews.com/tag/kri-nanggala-402' title='KRI Nanggala-402'>KRI Nanggala-402</a>.

(Foto: Kapal Selam KRI Nanggala-402. (Facebook/Puspen TNI)

Sebelumnya China mengerahkan tiga kapal untuk membantu operasi penyelamatan kapal selam tersebut pada bulan lalu, yakni Yongxingdao-863, Nantuo-195 dan Tan Suo-2 (Explorer 2) .

"Kami mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada kapal-kapal yang telah bersusah payah melakukan pengangkatan di dasar laut," kata Kepala Gugus Keamanan Laut (Danguskamla) Komando Armada II Laksamana Pertama TNI I Gung Putu Alit Jaya.

Ia menjelaskan pihaknya menyadari bahwa operasi salvage KRI Nanggala-402 di kedalaman 839 meter "bukanlah hal yang mudah dan mengandung tingkat resiko serta kesulitan yang sangat tinggi".

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved