Breaking News:

Rapat Kerja DPR

Effendi Simbolon: Menhan Prabowo Jujur Punya Kolega di PT TMI yang Bantu Kebutuhan Alpalhankam

Pembahasan terkait pembelian kebutuhan alat peralatan pertahanan dan keamanan (Alpalhankam) dilakukan

Editor: Aswin_Lumintang
Foto: Tribun Medan
Politisi PDI-P Effendi Simbolon singgung Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dalam Rapat Kerja dengan Komisi I DPR RI, Senin (31/5/2021). 

TRIBUNMANADO.CO.ID, JAKARTA - Pembahasan terkait pembelian kebutuhan alat peralatan pertahanan dan keamanan (Alpalhankam) dilakukan antara Komisi I DPR RI dan Kementerian Pertahanan dan Keamanan.

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mengatakan, peran PT Teknologi Militer Indonesia (TMI) bukanlah sebagai broker atau makelar dalam pengadaan kebutuhan alat peralatan pertahanan dan keamanan (Alpalhankam) sekira senilai Rp 1.785 Triliun.

Hal itu diungkapkan anggota Komisi I DPR RI Fraksi PDIP Effendi Simbolon, usai rapat kerja Komisi I dengan Menhan Prabowo, Rabu (2/6/2021).

Politisi PDI-P Effendi Simbolon singgung Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dalam Rapat Kerja dengan Komisi I DPR RI, Senin (31/5/2021).
Politisi PDI-P Effendi Simbolon singgung Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dalam Rapat Kerja dengan Komisi I DPR RI, Senin (31/5/2021). (Kolase foto: BX/IST_net/Tribunnw.com Irwan Rismawan)

"Beliau menjelaskan terkait PT TMI, disebutkannya dibentuk hanya untuk membantu Kemhan melakukan studi. Namun informasi yang berkembang PT TMI bertindak sebagai broker namun Menhan menjamin tidak akan terjadi," kata Effendi.

Effendi mengatakan, Prabowo menjamin PT TMI tidak akan menjadi broker tetapi hanya akan menjadi konsultan.

Menhan juga menjamin tidak ada kepentingan golongan tertentu di balik PT. TMI.

"Kita konfirmasi juga, ini apakah ini hanya ada kepentingan partai tertentu, ada kolega kedekatan? beliau bilang engga, ini kebetulan saja mereka pensiunan, para pakar. Jadi tak ada kaitannya," ucap Effendi.

Lebih lanjut, Effendi mengatakan Prabowo mengaku hanya kebetulan ada koleganya yang menjabat di PT TMI.

Baca juga: Sosok Panji Saputra, Pemeran Pak Tirta di Sinetron Suara Hati Istri, Ini Profil dan Biodata

Baca juga: Arie Kriting Soroti Penunjukan Nagita Slavina Sebagai Duta PON XX, Singgung Cultural Appropriation

Para petinggi PT TMI tersebut memiliki latar belakang pensiunan militer dan pakar.

"Dia bilang bahwa dia mencari para ahli yamg ngerti seluk beluk mengenai alat peralatan pertahanan dan keamanan. Itulah nah mereka dikumpulkan di situ," pungkasnya.


Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Effendi Simbolon: Menhan Prabowo Jelaskan Peran PT TMI Bukan Makelar Pengadaan Alpalhankam, https://www.tribunnews.com/nasional/2021/06/03/effendi-simbolon-menhan-prabowo-jelaskan-peran-pt-tmi-bukan-makelar-pengadaan-alpalhankam.
Penulis: chaerul umam
Editor: Hendra Gunawan
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved