Breaking News:

Berita Sitaro

Dampak Buruk Refocusing Anggaran Bagi THL Pemkab Sitaro

Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) yang terjadi saat ini memaksa pemerintah pusat maupun daerah harus melakukan refocusing anggaran.

Istimewa
Sekretaris Daerah Kabupaten Sitaro, Herry Bogar. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) yang terjadi saat ini memaksa pemerintah pusat maupun daerah harus melakukan refocusing anggaran dalam rangka penanggulangan Covid-19 tersebut.

Kebijakan realokasi anggaran ini pun memberikan dampak terhadap jalannya program kegiatan seluruh pemerintah daerah di Indonesia, termasuk Pemerintah Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro).

Selain program pembangunan daerah, pengaruh refocusing anggaran juga mengancam keberadaan para Tenaga Harian Lepas (THL) yang ada di jajaran Pemkab Sitaro.

Sekretaris Daerah Kabupaten Sitaro, Herry Bogar mengatakan, seiring dengan perkembangan kemampuan keuangan negara, termasuk sampai pada kabupaten kota pasca refocusing dan realokasi anggaran, maka pemerintah memberikan pilihan bagi para THL di Pemkab Sitaro.

"Mungkin dari nominal uang insentif, apakah itu kita mengurangi sedikit agar dapat menyesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah, ataupun kita memberi pilihan lain, kita mengurangi jumlah," kata Bogar usai memberikan arahan dalam pertemuan bersama para THL yang ada di lingkungan pemerintah daerah.

Kepastian soal dua opsi tersebut, Bogar bilang akan dibahas bersama pimpinan daerah untuk ditetapkan sebelum akhir Juni ini.

"Itu telah kita sampaikan dan nanti kita kaji secara lebih paripurna dengan pimpinan daerah," lanjutnya.

"Tentu tidak ada niat sedikit pun dari pemerintah daerah untuk menelantarkan para THL yang ada. Semua itu dipikirkan secara rasional sesuai kemampuan keuangan daerah."

Ia pun mendorong kepada para THL yang masih berusia produktif agar dapat berusaha secara mandiri, tanpa menggantungkan keberadaan mereka sebagai THL.

"Dan yang lebih penting lagi, khusus THL yang masih muda-muda ini, kami dorong untuk boleh berusaha secara mandiri," kunci Bogar.

Halaman
123
Penulis: Octavian Hermanses
Editor: Rizali Posumah
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved