Breaking News:

Anggota DPRD Bitung Bagikan Bibit Ikan Lele

Dengan metode yang diberikan dalam Budikdamber, ikannya tidak berlu diberi makanan yang mahal-mahal.

IST
Ilustrasi Ikan Lele 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Budidaya ikan air tawar (Budikdamber), diberikan bantuan kepada masyarakat yang ada di Kecamatan Maesa dan Madidir Kota Bitung Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

Adalah Habrianto Achmad anggota DPRD Bitung dari fraksi PDI Perjuangan, memberikan sekitar 800 ekor bibit ikan lele.

Vivi Maengkom satu di antara masyarakat penerima bantuan bibit budi daya ikan air tawar, sangat terbantu dengan adanya pemberian bibit serta pemahaman budikdamber.

"Karena tak butuh tambak ikan atau kolam ikan yang besar, cukup di depan rumah sudah bisa pelihara ikan," tutur Vivi Maengkom, Kamis (3/6/2021).

Lanjut Vivi pemberian bantuan bibit ikan air tawar untuk di budidayakan, berlangsung beberapa hari lalu.

Dengan metode yang diberikan dalam Budikdamber, ikannya tidak berlu diberi makanan yang mahal-mahal.

Lewat Budidamber ini, Vivi mendapat tambahan ilmu terkait dengan cara pelihara ikan lele yang baik dan benar hingga bisa mendapat hasil panen yang banyak.

"Hasil panen, beberapa waktu lalu sudah kami rasakan. Bahkan sempat dibagi-bagi ke para tetangga dan sebagian di persiapkan jadi calon indukan untuk menghasilkan bibit," tandasnya.

Habrianto Achmad dalam keterangannya bilang, pembagian bibit ikan lele 200 ekor. Namun yang bertahan hidup hanya 100 ekor, karena masyarakat baru pertama kali melakukan budikdamber (budi daya ikan dalam ember).

"Mudah-mudahan ke depannya sudah mahir, dalam pelaksanaan budikdamber," kata Habrianto Achmad.

Lanjut Anto sapaannya anggota Komisi I DPRD Bitung, pengambilan bibit serta sosialisasi oleh tim Balai perikanan air tawar di Tatelu.

Disaat bersamaa ada kunjungan dari Pemkab Boalemo Provinsi Gorontalo.

Manfaatnya bisa dirasakan oleh masyarakat sekitar, atas panen ikan lele dalam kurun waktu pemeliharaan 2,5 bulan bertujuan untuk ketahanan pangan masyarakat di masa pandemi covid 19.

"Pelakanaan ini juga dirangkaikan dengan buan Bung Karno. Saya (HYA) akan terus melakukan upaya membantu masyarakat dalam hal peningkatan perekonomian dalam rumah tangga, demi kesejahteraan rakyat dan kelangsungan hidup mereka," tandasnya. (*)

Penulis: Christian_Wayongkere
Editor: Charles Komaling
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved