Breaking News:

Maurits: Warga Bitung Senang dan Siap Dukung Program TMMD ke 111

Pihaknya berencana lewat program TMMD ke depan akan memperpanjang lagi jalan rintisan 6 Km .

Penulis: Christian_Wayongkere
Editor: Charles Komaling
ist
TMMD Bitung 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO -  Lokasi pelaksanaan program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 111 tahun 2021, di Kelurahan Kumersot Kecamatan Ranowulu Kota Bitung Provini Sulawesi Utara (Sulut).

Disambangi Wali kota Bitung Maurits Mantiri bersama rombongan Aster Kasdam XIII/Mdk Klnl Inf Idris Soemantri Roni, S.IP, Kasi Ter Korem 131/ Stg Kolonel Inf Dr. Drs Aco Lamama, Dandim 1310/Bitung Letkol Inf Benny Lesmana, SE., M. Han, Danyon Zipur 13/YKN, Letkol Czi Adityo Bangun Pratomo.

Kasdim 1310/Bitung Mayor Inf Hardi Gue, Pasi Ter Dim 1310/Bitung Letda Inf Maksiur Maarisi, Pasi Log Dim 1310/Bitung Letda Inf M. Tangkere, Danramil 1310-01/Bitung Lettu Inf Julen T Kasiaheng.

Kadis PU kota Bitung, Rudy Theno, Kadis Kesehatan kota Bitung diwakili dr Jeffry Sumaiku Kabid P2, Camat Ranowulu Dolfie Rumampuk, Lurah Kemersot Steven Moningka, Babinkantikmas Aipda J.L. Rumamby dan Babinsa Kel. Kumersot Sertu Samai Barang.

"Iya, jadi intinya masyarakat disana (Kelurahan Kumersot) siap mendukung pelaksanaan TMMD ini. Dengan kegiatan fisiknya pembangunan atau rintisan jalan panjang 6 Km," kata Wali kota Bitung Maurits Mantiri.

Pihaknya berencana, lewat program ke depan akan memperpanjang lagi jalan rintisan 6 Km. Karena sangat bermanfaat bagi masyarakat yang beraktifitas di kebun.

Ada warga yang mengambil buah kelapa di angkut pakai pedati atau roda sapi ke jalan, baru angkut ke jalan untuk di muat ke kendaraan.

Warga bisa dua sampai tiga kali transportasi saat beraktifitas di kebun, sehingga ketika sudah ada jalan rintisan bisa memangkas waktu dan jarak serta biaya warga si petani.

"Masyarakat di sana sangat senang dengan pembuatan jalan lewat program TMMD ini, bahkan meminta agar bisa tembus ke desa Klabat Kabupaten Minut," jelasnya.

Letkol Inf Benny Lesmana Dandim 1310 Bitung, menambahkan TMMD khusus untuk jalan rintisan atau membuka jalan baru.

Pihaknya juga menerima informasi dari Walikota Bitung, sudah punya rencana jangkap panjang memberikan hibah untuk TMMD di Bitung tahun 2022 dan akan di cari sasarannya dimana.

Dalam TMMD akan ada 19 materi penyuluhan atau sosialisasi yang akan di berikan.

Di antaranya tentang Covid 19 dari satgas maupun dinas Kesehatan, dari BKKBN, dari Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Bitung, Pendidikan, Kamtibmas, Keagamaan, PKK, Bahaya Paham Teroris dan paham radikalisme, pertanian, hukum dan KDRT, lingkungan hidup dan kehutanan, layanan publik dan penduduk, rekrtumen TNI AD.

Sosialisasi stunting, posyandu dan Bindu PTM
"Ada tiga item, seperti stunting, posyandu dan sanitasi. Untuk stunting dan posyandu akan di laksanakan di Makodim 1310 Bitung, sebagaimana instruksi karena melibatkan persit karena di Kumersot tidak ada stunting. Masalah stunting dan sanitasi TNI AD sudah bekerjasama dengan kementrian di pusat," kata dia.

Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved