Breaking News:

John Palandung: Pembangunan di Sitaro Penuh Tantangan

Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara tetap memberikan perhatian khusus bagi daerah-daerah kepulauan

Octavian Hermanses
Wabup John Palandung saat tampil sebagai narasumber dalam acara Tribun Bakudapa yang berlangsung secara virtual 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO- Wakil Bupati Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) John Palandung tampil sebagai narasumber pada acara Tribun Bakudapa, Selasa (1/6/2021), yang digelar secara virtual.

Acara yang dipandu Jurnalis Tribun Manado Aswin Lumintang ini membahas topik mengenai Sinergitas Pembangunan di Kabupaten Sitaro dalam kaitan memaknai peringatan Hari Lahir Pancasila di Kepulauan. Kesempatan tersebut, Palandung menjelaskan sejumlah tantangan dalam membangun Sitaro sebagai sebuah daerah kepulauan.

“Kami diperhadapkan dengan tingkat kesulitan yang luar biasa karena kami daerah kepulauan dan rawan bencana. Jadi kami membangun ini tidak semudah membalikan telapak tangan,” ungkap Palandung membuka percakapan.

Namun demikian, di tengah tantangan tersebut, ia dan Bupati Evangelian Sasingen terus berupaya melanjutkan pembangunan, khususnya di bidang infrastruktur yang sebelumnya telah dilakukan oleh Bupati Sitaro dua periode, Toni Supit.

“Untuk jalan lingkar pulau di wilayah Siau tinggal beberapa kilometer. Baru-baru ini jalan putus karena diterjang bencana alam. Nah, hal ini cukup menyulitkan kami dari sisi anggaran, apalagi saat ini kita sedang dilanda wabah Covid-19 yang mengharuskan pemerintah daerah melakukan refocusing anggaran,” terang Palandung.

Tak hanya mencakup daratan Pulau Siau, pemerataan pembangunan juga dilakukan di dua pulau besar lainnya di Sitaro, masing-masing Tagulandang dan Biaro, bahkan pulau-pulau lain seperti Pulau Makalehi yang menjadi salah satu beranda Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Semua tiga pulau besar ini. Seperti di Pulau Biaro yang dulunya akses jalan tidak menjangkau semua kampung, tapi sekarang semua bisa diakses karena telah dibangun jalan lingkar. Termasuk Pulau Makalehi dan Tagulandang. Jadi pembangunannya merata semua di tiga pulau besar ini,” ungkap Palandung.

Terkait sinergitas dengan pemerintah pusat maupun pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dalam menopang jalannya pembangunan di Sitaro, Palandung menyebut sejauh ini semuanya berjalan baik. Di mana Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara tetap memberikan perhatian khusus bagi daerah-daerah kepulauan, termasuk Kabupaten Sitaro.

“Kami selalu bersinergi dengan pak gubernur dan pak wakil gubernur. Keduanya selalu memperhatikan daerah Kabupaten Sitaro, sehingga apa yang kami programkan dan usulkan ke pemerintah provinsi, maka semua itu pemerintah provinsi sangat peduli tentang pembangunan di wilayah kepulauan, termasuk dengan pemerintah pusat,” terang Palandung.

Dalam hal peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2021, pejabat berlatar belakang birokrat ini menyatakan, baik pemerintah maupun masyarakat tetap menjadikan Pancasila sebagai dasar idiologi dalam menjalankan kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Sitaro untuk mengamalkan Pancasila sudah tidak diragukan lagi, sebagaimana yang telah diletakan oleh founding fathers kita tentang dasar negara yakni Pancasila dan ini tidak boleh diutak atik lagi,” tegasnya. (*)

Penulis: Octavian Hermanses
Editor: Charles Komaling
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved