Breaking News:

Berita Bolmut

Wabup Amin Lasena Tekankan Pentingnya Pemberdayaan Perempuan dan Anak di Kabupaten Bolmut

Dikatakan Wabup, bahwa Pemerintah daerah telah meletakan pembangunan Perempuan dan anak sebagai hal yang sangat penting dan strategis.

Penulis: Majer Lumantow | Editor: Rizali Posumah
tribunmanado.co.id/Mejer Lumantow
Wabup Bolmut, Amin Lasena. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Dalam memaksimalkan kebijakan penyediaan pelayanan partisipasi keluarga, Wakil Bupati Bolmut Amin Lasena mengingatkan pentingnya pemberdayaan untuk mencapai kesejahteraan perempuan dan anak (PUSPA) di kabupaten Bolmut.

Dikatakan Wabup, bahwa Pemerintah daerah telah meletakan pembangunan Perempuan dan anak sebagai hal yang sangat penting dan strategis. 

"Hal ini tertuang secara nyata dalam RPJMD 2018-2023, melalui salah satu misi yaitu Mewujudkan Sumber daya manusia berkualitas dan berbudaya," jelas Wabup Amin Lasena kepada tribunmanado.co.id, Senin (31/5/2021).

Disini, kata Wabup, ada beberapa indikator yang menjadi tolak ukur, yaitu IPM tingkat kemiskinan dan rasio ketergantungan (Defedency Ratio).

Indikator ini kemudian dituangkan dalam strategi yaitu meningkatkan pelayanan, advokasi dan KIE keluarga Berencana Pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak. 

Selain itu, arah kebijakan yaitu meningkatkan kesadaran dan peran serta masyarakat dalam program keluarga berencana pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak.

"Untuk itu, strategi pemerintah daerah dalam pelaksanaan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak dilaksanakan dengan melibatkan perangkat daerah dalam merumuskan berbagai program dan kegiatan yang betul betul menjadi kebutuhan sesuai dengan kondisi daerah," terang Lasena.

Dirinya juga mengharapkan dalam pemberantasan dan penghapusan kekerasan terhadap perempuan dan anak melalui advokasi dan sosialisai kepada pimpinan intansi pembina maupun seluruh stakehoder.

"Ini penting supaya dapat memberikan jamian dan pelayanan kepada keluarga/masyarakat agar dapat memahami responsif gender dan hak anak sehingga nantinya kita memiliki kepedulian dan menerapkan keadilan kepada masyarakat," tutup Wabup Bolmut. (Mjr)

Tentang Bolmut

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved