Breaking News:

Pilkada 2024

Terkait Peluang PDIP di Pilkada 2024, Pengamat Politik: Jaga Kesolidan Partai

Pengamat Politik Taufik Tumbelaka mengatakan kesuksesan PDI Perjuangan menguasai Pilkada serentak tahun 2020 merupakan buah dari persiapan

Penulis: Majer Lumantow | Editor: David_Kusuma
ryo noor/tribun manado
Politik Taufik Tumbelaka 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Pengamat Politik Taufik Tumbelaka mengatakan kesuksesan PDI Perjuangan menguasai Pilkada serentak tahun 2020 merupakan buah dari persiapan yang matang. 

"Dapat dikatakan persiapan sudah dilakukan sejak 1 tahun sebelumnya secara nasional dan untuk Sulut nampak jelas menjadi skala prioritas," jelas Tumbelaka kepada Tribun Manado.

Menurutnya, Pemilu Kada serentak tahun 2020 adalah momentum politik penting karena diyakini sebagai salah 1 faktor penentu kesuksesan mendominasi Pemilu Kada tahun 2024, semacam sasaran utama. 

"Di sini, PDI Perjuangan sukses menggapai "sasaran antara" tersebut melalui hasil signifikan," katanya.

Baca juga: Anggota Koramil Poigar Sosialisasikan Prokes Covid-19, Pakai Megaphone Keliling Pasar

Tumbelaka menyebut, secara logika dengan peta politik sekarang maka PDI Perjuangan diuntungkan, dominasi pada Pemilu Kada Serentak 2020 membuat konstelasi Pemilu Kada Serentak 2024 menjadi lebih membangkitkan rasa optimis.

Kata dia, Menghadapi Pemilu Kada Serentak tahun 2024 ada tantangan yang akan dihadapi PDI Perjuangan Sulut, yaitu menjaga kesolidan dan memanfaatkan dengan cerdas keunggulan posisi politik saat ini. 

"Salah satu yang biasanya kerap muncul menjelang persiapan Pilkada adalah adanya gejolak dinamika internal partai," ujar Tumbelaka. 

Namun, Jika dinamika internal dapat terkontrol dengan baik, maka kesolidan akan terjaga dan "tiap langkah" politik akan dalam bentuk 'bulat utuh' bukan 'bulat lonjong'.

"Seperti yang dialami partai politik lain yang menjadi lawan politik dari PDI Perjuangan," pungkas Tumbelaka. (Mjr)

Baca juga: Bupati dan Wakil Bupati Talaud Hadiri Upacara Ritual Adat Manee di Pulau Intata

Baca juga: 3 Cara Ampuh Berikan Pertolongan Pertama Pada Penderita Serangan Jantung, Jangan Panik

YOUTUBE TRIBUN MANADO:


 

Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved