Breaking News:

Pemkab Sitaro Segera Bentuk Panitia Uji Kompetensi Kesesuaian

Uji kompetensi kesesuaian perlu dilakukan dalam rangka pelaksanaan evaluasi kinerja dari setiap PPT Pratama.

Istimewa
Herry Bogar 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) bakal menggelar uji kompetensi kesesuaian atau job fit bagi Pejabat Pimpinan Tinggi (PPT) Pratama di lingkungan pemerintah daerah.

Rencana ini pun telah mendapatkan restu dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) lewat rekomendasi yang diterima Pemkab Sitaro beberapa waktu lalu. Rekomendasi dengan Nomor B-1859/KASN/5/2021 tertanggal 19 Mei 2021 ini ditujukan kepada Bupati Kepulauan Siau Tagulandang Biaro yang juga merupakan Pejabat Pembina Kepegawaian.

Dalam rekemendasi tersebut, KASN menyampaikan bahwa pelaksanaan uji kesesuaian agar dilakukan melalui evaluasi kinerja dan penilaian kompetensi secara komperhensif.

Di mana evaluasi kinerja dilaksanakan berdasarkan perjanjian kinerja dan target-target kinerja yang telah ditetapkan sebelumnya pada masing-masing pemangku JPT Pratama tersebut, serta memperhatikan rekam jejak, baik aspek positif maupun aspek negatif selama memangku jabatan.

Selain itu, pengujian kompetensi dilakukan berdasarkan standar kompetensi jabatan agar dapat dielaborasi dan dipetakan secara objektif kesesuaian antara kompetensi yang dimiliki masing-masing PPT Pratama dengan standar kompetensi jabatan dipersyaratkan.

Saat dikonfirmasi, Sekretaris Daerah Kabupaten Sitaro Herry Bogar membenarkan adanya rencana pelaksanaan job fit termasuk rekomendasi yang telah diberikan KASN. Sesuai rencana, pihaknya akan segera membentuk panitia seleksi.

"Ya benar, dalam waktu dekat ini kami akan segera membentuk panitia seleksi untuk pelaksanaan job fit," kata Bogar, Minggu (30/5/2021).

Dijelaskan, uji kompetensi kesesuaian perlu dilakukan dalam rangka pelaksanaan evaluasi kinerja dari setiap PPT Pratama. Hal mana tahapan ini sejalan dengan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara.

"Untuk kepentingan evaluasi PPT Pratama bisa dilakukan melalui mekanisme job fit, karena dari sana akan diperoleh gambaran kinerja dari pejabat selama memegang jabatan. Sedangkan untuk pengisian jabatan kosong harus lewat seleksi terbuka," ungkap Bogar.

Untuk diketahui, saat ini terdapat empat JPT Pratama di lingkup Pemkab Sitaro yang mengalami kekosongan dan diduduki oleh Pelaksana tugas (Plt). Adapaun Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang dijabat Plt yakni Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda), Dinas Pendidikan, Dinas Pertanian dan Pangan serta Dinas Lingkungan Hidup Pertanahan. (*)

Penulis: Octavian Hermanses
Editor: Charles Komaling
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved