Breaking News:

Berita Sitaro

Cerita Desly Kagansa, Pengusaha Homestay di Sitaro yang Beralih Profesi Jadi Sopir karena Covid-19

Dampak dari pandemi ini pun dirasakan dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat. Salah satunya adalah berkurangnya jumlah kunjungan wisatawan

Istimewa
Desly saat membersihkan halaman dan bagian depan homestay 

Manado, TRIBUNMANADO.CO.ID - Lebih dari setahun terakhir ini, dunia termasuk Indonesia dilanda wabah Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Dampak dari pandemi ini pun dirasakan dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat. Salah satunya adalah berkurangnya jumlah kunjungan wisatawan, baik lokal maupun mancanegara.

Kondisi ini membuat banyak pelaku usaha di bidang pariwisata merugi. Pasalnya, arus kunjungan wisatawan menjadi nadi bagi mereka untuk menyambung hidup di bidang usaha tersebut.

Seperti yang dialami Desly Kagansa, pemilik homestay yang terletak di pesisir pantai Paniki Kecamatan Siau Barat (Sibar) Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro).

Menurut Desly, sejak Maret 2020 lalu, pihaknya tak pernah menerima reservasi dari tamu atau wisatawan.

Baca juga: SMP Negeri 4 Kotamobagu Sudah Sekolah Tatap Muka, Tapi Wajib Protokol Kesehatan

"Akibat pandemi seperti yang ada sekarang, sudah jarang ada wisatawan khususnya dari luar negeri yang datang. Makanya saat ini tidak ada lagi tamu yang datang ke tempat kami," kata Desly, Sabtu (29/05/2021).

Padahal sebelumnya, homestay yang dikelola oleh Desly dan keluarga ramai dengan turis mancanegara.

Hampir tiap minggu, wisatawan dari berbagai negara seperti jerman, Prancis hingga Jepang kerap menginap di tempatnya.

"Biasanya setiap minggu pasti ada tamu yang menginap. Ada yang datang untuk berwisata bahari, naik gunung atau sekedar jalan-jalan ke pulau-pulau yang memiliki keindahan alam seperti Mahoro," ungkapnya.

Dari usaha yang baru berjalan sejak awal 2020 ini, ia mengaku bisa mengantongi pendapatan sekira Rp 7 juta hingga Rp 8 juta dalam sebulan.

Halaman
123
Penulis: Octavian Hermanses
Editor: David_Kusuma
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved