Breaking News:

Berita Sulut

KPID Sulut Gelar Literasi Media Bagi Pelajar di Kabupaten Sitaro

KPID Sulut menggelar literasi media bagi para pelajar yang ada di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro)

Penulis: Octavian Hermanses
Editor: David_Kusuma
Octavian Hermanses
Pembukaan acara literasi media yang diselenggarakan KPID Sulut di Sitaro 

Manado, TRIBUNMANADO.CO.ID - Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sulawesi Utara menggelar literasi media bagi para pelajar yang ada di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Jumat (28/05/2021).

Acara yang berlangsung di aula SMA Negeri 1 Siau Barat itu menghadirkan para Komisioner KPID Sulut serta puluhan pelajar sebagai peserta.

Dalam pengantarnya, Ketua KPID Sulut Reidy Sumuel mengatakan, di tengah era digitalisasi yang serba modern seperti saat ini, tidak ada lagi daerah atau masyarakat yang terpencil dan terisolor dari segi informasi ketia bisa mengakses jaringan internet.

"Itu persoalan geografis. Tapi persoalan informasi, dengan adanya jaringan internet, tidak akan ada batas lagi. Anda ada di Siau Barat sama aja ketika anda ada di Jakarta, di Singapura atau di Manado. Tidak ada batas lagi," kata Sumuel.

Baca juga: Detik-detik Calon Pengantin Pria Loncat dari Lantai 7 Hotel Berbintang Sebelum Sakramen Pernikahan

Dalam praktiknya, lanjut Sumual, masyarakat banyak disibukan dengan menggunakan smartphone yang menyajikan banyak informasi karena adanya jaringan internet.

"Ketika di meja makan anda tidak lagi bercengkraman dengan orang tua, atau dengan kakak adik. Yang anda pegang adalah smartphone, sekali lagi tidak ada batasan lagi," lanjutnya.

Ia pun mengutip apa yang disampaikan Bupati Sitaro Evangelian Sasingen tentang Yin dan Yang. Di mana satu bagian putih terdapat titik hitam. Begitu pun sebaliknya, satu bagian hitam ada titik putihnya.

"Setiap penyajian internet, pasti ada buruk dan baiknya. Nah, bagimana kita memilih dan memilah dampak buruk dan baiknya, perlu ada pembelajaran," jelas Sumuel.

"Untuk itu, pada kesempatan siang ini akan ada materi yang menuntun adik-adik untuk bisa membedakan mana yang baik dan mana yang buruk," timpalnya.

Sementara itu, Bupati Kepulauan Sitaro Evangelian Sasingen yang membuka langsung acara literasi media ini menyambut baik dan mengapresiasi program dari KPID Sulawesi Utara itu.

Halaman
123
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved