Breaking News:

Berita Bolmut

Hadiri Rapat Paripurna DPRD, Ini yang Disampaikan Bupati Bolmut Depri Pontoh

Bupati Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Depri Pontoh menghadiri Rapat Paripurna DPRD dalam Rangka Penyampaian Rekomendasi DPRD

Penulis: Majer Lumantow | Editor: David_Kusuma
Tribun Manado / Mejer Lumantow
Bupati Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Depri Pontoh menghadiri Rapat Paripurna DPRD dalam Rangka Penyampaian Rekomendasi DPRD Atas LKPJ Bupati Bolaang Mongondow Utara Tahun 2020 yang bertempat Di Ruang Sidang DPRD Bolmut, Jumat (28/5/2021).  

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado  - Bupati Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Depri Pontoh menghadiri Rapat Paripurna DPRD dalam Rangka Penyampaian Rekomendasi DPRD atas LKPJ Bupati Bolaang Mongondow Utara Tahun 2020 yang bertempat di Ruang Sidang DPRD Bolmut, Jumat (28/5/2021).

Dalam sambutannya Bupati Bolmut menyampaikan bahwa, berdasarkan peraturan nomor 3 tahun 2007 tentang laporan keterangan pertanggujawaban kepala daerah kepada DPRD, Pasal 18.

Menguraikan bahwa LKPJ sekurang kurangnya menjelaskan arah kebijakan keuangan daerah, penyelenggaraan urusan desentralisasi atas kewenangan urusan wajib dan urusan pilihan, tugas dekonsentrasi dan urusan pemerintahan umum. 

"Karena itu, kewajiban untuk menindaklanjuti rekomendasi DPRD akan kami upayakan pada hal hal yang bersifat kebijakan umum, sebab kita ketahui bersama bahwa pemerintah daerah selaku pihak eksekutif selain mempertibangkan rekomendasi DPRD.

Juga harus mempertibangkan perbaikan teknis yang telah disampaikan oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Atas pemeriksaan laporab keuangan pemerintah daerah," papar Bupati Depri Pontoh.

Baca juga: Direktur POA: Ini Pertama Tangkap Kapal Illegal Fishing dari Filipina di 2021

Kata Depri, pemerintah daerah terus berupaya dan membangun komitmen yang utuh, mengkaji dengan seksama seluruh catatan strategis yang telah disampikan oleh DPRD dalam rekomendasi, untuk selanjutnya ditindaklanjuti sesuai mekanisme dan peraturan perundang undangan yang berlaku. 

"Sebagai bahan pertimbangan kebijakan peningkatan kinerja program dan kegiatan pemerintah daerah di tahun berikutnya," sebut Bupati. 

Lebih lanjut dijelaskannya, dalam penyelenggaraan proses pemerintahan secara umum dapat kami minimalisasi sejak dini. 

"Kami pula percaya bahwa, tidak semua indikasi kendala yang mengakibatkan lemahnya proses pemerintahan daerah itu, berasal dari internal institusi kami pemerintah daerah. Akan tetapi banyak juga dipengaruhi oleh faktor eksternal yang diluar jangkuan, kewenagan dan kemauan kami selaku pemerintah daerah," kata Bupati Depri.

Terkait hal tersebut, selaku pemerintah daerah tidak ingin berlindung dari kelemahan yang bersifat eksternal, namun kami berkomitmen untuk terus bekerja, bekerja dan bekerja memperbaiki penyelenggaraan pemerintahan berdasarkan saran dan masukan yang telah tertuang dalam rekomendasi yang pihak DPRD talah sampaikan.

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved