Breaking News:

Berita Bolmut

Maksimalkan Penyerapan APBD Daerah, Wabup Bolmut: Fokus Pada Pemberdayaan Sektor UMKM

Mempercepat realisasi anggaran Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara tahun 2021, perlu adanya penyerapan anggaran daerah secara maksimal

Penulis: Majer Lumantow | Editor: David_Kusuma
Tribun Manado / Mejer Lumantow
Wakil Bupati Bolmut, Amin Lasena mengikuti Rakor Virtual bersama Mendagri RI. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Mempercepat realisasi anggaran Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) tahun 2021, perlu adanya penyerapan anggaran daerah secara maksimal diberbagai sektor.

Hal ini disampaikan Wakil Bupati Bolmut Amin Lasena mengatakan dalam mengatasi hal tersebut, perlu dilakukan fokus pada penyerapan anggaran APBD daerah.

"Sebagaimana yang disampaikan bapak Mendagri RI meminta kepada Pemerintah Daerah untuk fokus pada langkah-langkah percepat penyerapan APBD, dengan melakukan penanganan pandemi Covid-19 secara serius.

Pemulihan ekonomi yang terkontraksi akibat pandemi, beserta pelayanan publiknya dengan melakukan intensifikasi dan ekstensifikasi sumber-sumber pendapatan," jelas Lasena kepada Tribunmanado.co.id, Rabu (26/5/2021).

Baca juga: Antisipasi Bencana, PDI-P Bolsel Gelar Simulasi Penanggulangan Bencana 

Dikatakan Wabup, di samping itu percepatan penyerapan anggaran tersebut juga perlu memperhatikan aspek legalitas, keadilan, kepentingan umum, karakteristik daerah dan kemampuan masyarakat.

"Dalam hal percepatan penyerapan belanja daerah, Pemda diminta melakukan keterlibatan masyarakat dalam bentuk pemberdayaan yang dapat menggerakkan perekonomian daerah khususnya home industry (sektor UMKM) serta merevitalisasi sektor pertanian, peternakan, perikanan, perkebunan dan kehutanan," papar Wabup.

Selain itu, adanya penguatan struktur ekonomi pedesaan, pemberdayaan koperasi dan UMKM, serta dukungan infrastruktur pedesaan guna meningkatkan daya beli masyarakat.

"Pemerintah juga meninjau ulang pelaksanaan kontrak kerja kegiatan yang berpotensi tidak terselesaikan sampai dengan akhir tahun anggaran serta menunda pelaksanaan kontrak kerja yang tidak memiliki dampak langsung terhadap pemulihan ekonomi," sebutnya. 

Untuk itu, kata Wabup, pemerintah juga akan merekapitulasi anggaran pada program dan kegiatan yang berpotensi tidak terserap dan atau diindikasikan memiliki daya serap rendah.

"Serta mendorong perangkat daerah untuk melakukan langkah-langkah strategis percepatan pelaksanaan kegiatan diiringi dengan penyiapan reward dan punishment sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan," tutup Wabup Amin Lasena. (Mjr)

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved