Breaking News:

OPINI

Upaya Pemerintah Mengembalikan Desa Woloan sebagai Destinasi Unggulan Sulut

KOTA Tomohon adalah salah satu kota di Provinsi Sulawesi Utara, Indonesia. Sebelum tahun 2003, Tomohon merupakan salah satu kecamatan di Minahasa

Editor: Aswin_Lumintang
istimewa
Tim Penulis 

Oleh:

Andriano Sondakh (18041049), Angela Runturambi (17241073), Carol Kaligis (17041061)

KOTA Tomohon adalah salah satu kota di Provinsi Sulawesi Utara, Indonesia. Sebelum tahun 2003, Tomohon merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Minahasa. Dalam perkembangannya, Tomohon mengalami banyak sekali kemajuan, sehingga ada aspirasi dari warganya untuk meningkatkan status Tomohon menjadi sebuah kota pariwisata. Salah satu destinasi wisata unggulan di kota Tomohon berada di kelurahan Woloan. Woloan berhasil menarik banyak wisatawan dan menghadirkan wisata baru yang memanjakan mata.

Contohnya seperti puncak Kai'Santi yang menawarkan pemandangan para pariwisatawan menjadi lebih mengesankan. Pada bulan agustus 2018 pada saat Event Tomohon International Festival, destinasi wisata di puncak kai`santi dipromosikan oleh ketua panitia TIFF ibu coreta louise kapoyos hal ini bertujuan untuk mendukung pemerintah dalam upaya mengembalikan kelurahan woloan eebagai destinasi wisata unggulan.

Puncak kaisanti berada di ketinggian 1100 mdpl hal ini membuat Tomohon memiliki pemandangan yang tidak diragukan. Dan Puncak Kai’ Santi menjadi salah satu objek wisata yang banyak menarik perhatian. Memang Puncak ini baru saja di buka sekitar tahun 2018 lalu, yang berhasil mendatangkan banyak wisatawan. Di tempat ini, anda akan disuguhkan pemandangan dari atas ketinggian yang pastinya akan memanjakan mata anda. Sepanjang mata memandang anda akan melihat hijaunya persawahan dan juga gunung Lokon yang tampak megah dari kejauhan.

Diberikan nama Kai’santi bukanlah tanpa alasan. Kai berarti pohon dan Santi yang berarti pohon dengan bunga warna merah. Nama ini tentunya sesuai dengan kawasannya memang memiliki banyak pohon pohon yang memiliki bunga bewarna merah. Membuat tempat liburan di Tomohon ini menjadi lebih unik.

Untuk membuatnya semakin cantik, pengelola juga menanam berbagai macam bunga yang ditata sedemikian rupa. Warna warni bunga ini semakin membuat lokasi wisata ini begitu cantik dan juga menawan. Sangat pas jika disandingkan dengan pemandangan belakangnya yang tak kalah cantik. Tak heran jika banyak yang datang untuk berpose dengan latar belakang yang mempesona. Mengingat selfie dan wefie seperti sebuah keharusan ketika bepergian. Inilah yang mencoba diterapkan pada tempat wisata yang menawarkan pemandangan ini.

Mengingat masyarakat memang lebih tertarik jika mengunjungi tempat indah lengkap dengan spot foto yang beragam. Selain bersantai bisa sekalian untuk hunting foto dengan panorama mengagumkan yang membuat siapapun terkagum. Namun menghabiskan waktu di tempat seindah ini memang tidak bisa ditawar dan juga dilewatkan. Dimasa pandemi covid-19 tentunya sektor pariwisata yang menjadi salah satu sektor andalan sulawesi utara tidak berjalan dengan baik sebagai mana mestinya.

Namun seiring dengan berjalannya waktu, Pemerintah Pusat mulai mengajak masyarakat untuk mulai menerapkan tatanan kehidupan baru atau new normal. Hal ini juga sudah diterapkan oleh Pemerintah Daerah Sulawesi Utara sehingga sektor pariwisata di Sulawesi Utara mulai bangkit kembali. Pemerintah sudah memberikan izin untuk membuka lagi tempat-tempat wisata seperti Kai Santi dengan syarat harus tetap mematuhi protokol kesehatan seperti menggunakan masker, mencuci tangan, serta menjaga jarak. Tempat wisata Kai Santi melakukan apa yang dianjurkan pemerintah dan menyediakan sarana pendukung protokol kesehatan seperti menyediakan alat pengukur suhu tubuh, hand sanitizer, serta wastafel yang berada di depan pintu masuk wisata kai santi dengan harapan bahwa wisatawan yang datang berkunjung tetap merasa aman dan nyaman saat berada disana.

Kesimpulan

Kota Tomohon merupakan salah satu daerah di Sulawesi Utara yang menawarkan banyak sekali destinasi wisata. Salah satu tempat wisata unggulan kota tomohon adalah Puncak Kai Santi yang terletak di Jl. Woloan Kayawu, Woloan Dua, Tomohon Barat, Kota Tomohon, Sulawesi Utara.

Puncak Kai Santi berada di ketinggian 1100 mdpl dan menyuguhkan pemandangan sawah dan gunung lokon yang begitu indah. Hal ini membuat banyak wisatawan tertarik untuk mengunjungi tempat ini karena selain menyuguhkan pemandangan yang indah, pihak pengelola Puncak Kai Santi pun menyediakan banyak spot foto menarik yang sayang untuk dilewatkan.

Saran

Untuk kedepan puncak  Kai Santi dapat lebih memprlengkap fasilitan-fasilitan yang ada    terlebih makan atau  membuat caffe karena dengan meperlengkap fasilitan itu akan lebih menarik dan membuat orang-orang lebih tertarik untuk datang di Kai Santi mengingat tempatnya yang sangat menarik juga membantu kota Tomohon dalam membangun sektor pariwisata di tempat tersebut.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved