Breaking News:

RHK Selasa 25 Mei 2021

RENUNGAN HARIAN KRISTEN Kisah Para Rasul 2:4-6 - Hidup Dipenuhi Roh Kudus

Keajaiban demi keajaiban. Itulah yang terjadi saat peristiwa Pentakosta, di Yerusalem. Mengapa? Karena semua orang percaya

Editor: Aswin_Lumintang
internet
Ilustrasi Renungan 

Kisah Para Rasul 2:4-6

TRIBUNMANADO.CO.ID - Keajaiban demi keajaiban. Itulah yang terjadi saat peristiwa Pentakosta, di Yerusalem. Mengapa? Karena semua orang percaya telah dipenuhi oleh kuasa Roh Kudus. Maka Roh Kuduslah yang mengarahkan dan menuntun mereka dalam berkata-kata dan berprilaku.

Para rasul dan semua orang percaya itupun berkata-kata dalam bahasa yang berbeda-beda. Ajaibnya, bahasa yang mereka gunakan adalah seperti bahasa orang-orang yang berkumpul saat itu. Termasuk para kaum Yahudi yang saleh dari berbagai bangsa di bumi.

Ilustrasi renungan
Ilustrasi renungan (internet)

Karena deru suara dari langit yang dahsyat itu, berkumpullah orang-orang, menyaksikan keajaiban orang percaya yang sudah dipenuhi Roh Kudus. Mereka bingung dan sulit memercayai apa yang terjadi. Sebab hal itu tidak masuk akal mereka. Namun nyata.

Begitulah hidup orang yang dipenuhi Roh Kudus. Dia pasti mampu melakukan perkara-perkara besar, yang tidak dapat dijangkau manusia, karena Roh Kudus yang memenuhi kehidupan-Nya. Orang banyak itupun datang mengerubuti para rasul dan orang percaya, lalu menyaksikan keajaiban kuasa Roh Kudus atas mereka.
Demikian firman Tuhan hari ini.

Maka penuhlah mereka dengan Roh Kudus, lalu mereka mulai berkata-kata dalam bahasa-bahasa lain, seperti yang diberikan oleh Roh itu kepada mereka untuk mengatakannya.

Waktu itu di Yerusalem diam orang-orang Yahudi yang saleh dari segala bangsa di bawah kolong langit.
Ketika turun bunyi itu, berkerumunlah orang banyak. Mereka bingung karena mereka masing-masing mendengar rasul-rasul itu berkata-kata dalam bahasa mereka sendiri.* (ay, 4, 5, 6)_

Orang yang hidupnya dikuasai oleh Roh Kudus, pasti melakukan perkara-perkara besar yang ajaib. Karena Roh Kudus pasti memampukan kita melakukannya. Sebab, Roh Kudus akan terus dan tetap menjaga keluar masuknya sampai selamanya, dan apa yang diperbuatnya pasti berhasil. Asal kita melakukannya dalam ketaatan kepada Kristus.

Seperti para rasul dan orang percaya itu, jika kita hidup dipenuhi Roh Kudus dan terus berkarya dalam ketaatan kepada Kristus, maka orang banyak akan datang 'mengerubuti' kita. Mereka akan menjadi percaya kepada Kristus, karena melihat karya-Nya di dalam hidup kita.

Dengan demikian, hidup orang percaya akan diikuti oleh banyak orang. Orang percaya tidak hidup mengikuti orang, atau berdasar apa kata orang. Sebab orang percaya yang hidup dalam kehendak Kristus, akan diikuti orang banyak. Kita akan menjadi contoh dan teladan untuk banyak orang.

Mengapa demikian? Karena orang percaya bukan hidup berdasarkan "kata birman" (tetangga), tapi sesuai firman. Orang percaya tidak mengikuti "gaya birman" tapi sesuai kata firman Tuhan. Maka dengan demikian, hidup kita menjadi contoh dan teladan bagi semua orang. Hidup kita akan menjadi penuntun bagi banyak orang. Kitapun diikuti banyak orang, bukan mengikuti orang banyak.

Memang mereka tidak lagi datang berkerumun melihat dan mengikuti keteladanan kita. Tapi, tanpa datang, tanpa kita tahu, dan tanpa mereka beritahu, mereka telah mengikuti "jalan kita" yang adalah "jalan Tuhan" yakni sesuai tuntunan Roh Kudus.

Jika hidup kita dipenuhi Roh Kudus maka kita akan hidup kudus. Tanda-tanda orang yang dipenuhi Roh Kudus adalah menjaga kekudusan hidupnya sesuai firman Tuhan. Jadilah kiranya itu atas diri kita.

Roh Kudus telah ada dalam hidup kita sesuai dengan janji dan pencurahan Kristus atas kita yang percaya pada-Nya. Karena itu jagalah kekudusan hidup dan teruslah lakukan kehendak-Nya dalam hidup kita, agar banyak orang jadi percaya Kristus karena melihat cara hidup kita yang kudus. Tuhan Yesus pasti menyertai dan memampukan kita melakukan perkara besar untuk kemuliaan nama-Nya Yang Kudus. Amin

DOA: Tuhan Yesus, mampukan kami menjaga kekudusan hidup, agar kami menjadi berkat bagi banyak orang dan kemuliaan nama-Mu. Amin

Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved